Sukses

Kenali 8 Tanda Anemia Berikut Ini

Hati-hati, gejala berikut ini bisa jadi tanda anemia. Cek penjelasannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang mengandung hemoglobin sebagai media penyebaran oksigen ke seluruh organ tubuh. Wanita dan orang dengan penyakit kronis cenderung lebih rentan terkena anemia. Yuk, cari tahu tanda anemia yang mungkin saja Anda alami.

Kekurangan zat besi dan vitamin B12 merupakan salah satu penyebab utama anemia. Selain itu, anemia juga dapat diidentifikasi lewat kesemutan di bagian tangan atau kaki. Berikut ini adalah beberapa tanda anemia yang harus Anda waspadai:

  • Sakit kepala

Mereka yang kekurangan zat besi bisa mengalami sakit kepala. Tingkat hemoglobin yang rendah dalam sel darah merah dapat mencegah oksigen mencapai otak. Hal ini bisa mengakibatkan pembengkakan pembuluh darah, yang pada akhirnya menyebabkan sakit kepala.

  • Detak jantung

Ketika kadar hemoglobin rendah, jantung akan bekerja lebih keras untuk membawa oksigen. Hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan detak jantung tidak teratur. Pada kasus yang ekstrem, hal ini dapat menyebabkan gagal jantung.

  • Sesak napas

Jika organ tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen, paru-paru akan bekerja lebih keras untuk membawa banyak oksigen. Akan tetapi, jika tubuh Anda sehat namun merasa sesak napas saat menaiki tangga, mungkin hal ini terjadi karena kadar zat besi dalam tubuh Anda rendah.

  • Kelelahan

Saat oksigen yang masuk ke dalam sel tidak mencukupi, tubuh tidak mampu memecah nutrisi untuk menciptakan energi. Hal inilah yang pada akhirnya membuat Anda akan mudah merasa lelah.

Jika gejala terus bertambah parah, periksakan diri Anda ke dokter. Karena kelelahan juga bisa menjadi gejala masalah kesehatan lain, seperti diabetes atau kelainan tiroid.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  • Kesemutan di tungkai

Kadar zat besi yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada kaki. Mereka yang menderita penyakit ini juga bisa merasakan sensasi gatal dan cenderung memburuk di malam hari.

  • Kulit pucat

Kulit pucat merupakan tanda umum dari anemia. Kulit pucat bisa terjadi pada seluruh tubuh atau terbatas pada area tertentu, seperti wajah, gusi atau bagian bawah mata dan bibir. Pada orang sehat, bagian dalam kelopak mata akan berwarna merah terang. Namun pada orang yang memiliki anemia, warna kelopak mata bisa menjadi pink atau kuning.

  • Tangan dan kaki dingin

Karena sirkulasi darah yang buruk, penderita anemia seringkali merasakan dingin pada tangan dan kakinya. Jadi gunakan kaus kaki untuk penanganan dalam jangka pendek. Untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat, Anda juga boleh berkonsultasi dengan dokter.

  • Merasa cemas

Jika jantung berdetak kencang dan tidak merasakan gejala kecemasan sebelumnya, bisa jadi hal ini merupakan tanda anemia, terutama jika tidak ada alasan apapun yang mendasarinya.  

Seseorang yang kekurangan zat besi dapat mengalami gangguan pada sistem saraf simpatik, akibatnya bisa menyebabkan kegelisahan. Meskipun begitu, Anda juga perlu bertanya kepada tenaga medis profesional untuk menentukan apakah yang Anda alami adalah masalah kesehatan fisik atau mental.

Anemia memang dapat diobati secara mandiri. Namun, mereka yang mengalami tanda anemia harus berkonsultasi dengan dokter sebelum melanjutkan pengobatan. Karena perawatan yang efektif akan bervariasi tergantung pada jenis anemia.

Terakhir, konsumsilah makanan dengan kadar zat besi tinggi seperti daging sapi, sayuran berdaun hijau gelap, makanan yang kaya akan vitamin B12 dan asam folat. Deretan bahan makanan tersebut dapat membantu Anda terhindar dari munculnya tanda anemia.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar