Sukses

Benarkah Minum Kopi Bermanfaat untuk Hati?

Apakah kopi bermanfaat untuk mendukung kesehatan hati? Cek faktanya.

Klikdokter.com, Jakarta Sebuah laporan dari Coffee and Health mengungkapkan bahwa kandungan kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati (penyakit liver) hingga 70 persen. Institusi ini merupakan organisasi nirlaba yang fokus pada berbagai penelitian mengenai manfaat kesehatan dari kopi.

Hati adalah organ utama dalam tubuh dan terlibat dalam sejumlah proses metabolisme penting, termasuk mengatur  kadar gula darah, mencerna nutrisi pada makanan, dan detoksifikasi. Kabar baik bagi pencinta kopi, risiko menurunnya penyakit ternyata dipengaruhi oleh berapa banyak jumlah kopi yang Anda minum. Menurut laporan tersebut, 3-5 cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko kerusakan hati.

“Penyakit hati adalah silent killer karena sering kali tidak ada gejala sampai akhirnya terlambat,” kata Kepala Eksekutif British Liver Trust, Judi Rhys.

“Kopi adalah sesuatu yang mudah dijangkau oleh semua orang. Kopi dapat membuat perbedaan karena bisa memperlambat perkembangan penyakit hati. Ini adalah pilihan gaya hidup yang mudah dilakukan,´ lanjutnya.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan Modi et al, menyebutkan bahwa ada hubungan antara konsumsi kopi harian dengan tingkat beratnya fibrosis hati pada seseorang yang menderita penyakit hati kronis. Para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi 1-2 cangkir kopi dikaitkan dengan menurunnya angka fibrosis hati.

Satu hal yang perlu Anda ingat, tidak semua jenis kopi baik untuk hati. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kopi yang disaring memiliki efek perlindungan hati, sementara kopi espreso justru tidak memiliki efek positif bagi kesehatan.

Dengan begitu menjamurnya kedai kopi dan kultur ngopi, ditambah penelitian yang mendukung manfaat kopi bagi kesehatan hati, tidak berarti Anda dapat mengonsumsi kopi sesuka hati. Semua ada batasnya. Bagi Anda yang tak terbiasa mengonsumsi kopi, jangan dipaksakan, ya.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar