Sukses

Kenali 5 Tanda Anak Mengalami Cacingan

Jangan anggap remeh cacingan. Kenali tanda-tanda anak yang terinfeksi cacing.

Klikdokter.com, Jakarta Cacingan adalah masalah yang umum ditemui pada anak-anak. Sayangnya, masih banyak orang tua menganggap remeh hal ini. Padahal, infeksi cacing pada anak dapat menimbulkan dampak yang serius, yang bahkan memengaruhi pertumbuhan, perkembangan dan kemampuan belajar si Kecil.

Ada beberapa jenis cacing yang sering menginfeksi anak-anak, yaitu cacing kremi, cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Infeksi cacing-cacing tersebut erat kaitannya dengan faktor higienis atau kebersihan lingkungan. Itulah sebabnya mereka yang tinggal di lingkungan yang kurang higienis sangat rentan mengalami cacingan.

Berikut adalah beberapa ciri anak yang mengalami cacingan:

  1. Keluhan pencernaan

Anak yang mengalami infeksi cacing umumnya mengalami berbagai keluhan di bagian pencernaan, yakni:

  • sakit perut yang menetap
  • perut terasa kembung atau begah
  • mual dan muntah
  • diare
  • buang air besar bercampur darah
  1. Gatal di sekitar anus

Bila anak terlihat sering menggaruk daerah anusnya, Anda perlu curiga ia mengalami infeksi cacing kremi (Enterobius). Rasa gatal dapat dialami sepanjang hari, terutama di malam hari. Akibatnya, anak menjadi sulit tidur.

  1. Anak tampak pucat dan lemas

Hal ini terjadi bila anak terinfeksi cacing tambang, karena cacing ini menghisap darah dari dinding usus. Bila infeksi sudah cukup lama, anak dapat mengalami anemia (kekurangan darah) yang membuatnya tampak pucat dan lemah.

  1. Penurunan nafsu makan

Secara umum, infeksi cacing dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Bila tidak segera ditangani, hal ini dapat berpengaruh pada berat badan anak dan aspek pertumbuhan anak lainnya.

  1. Anak cenderung mudah lelah dan sulit berkonsentrasi

Bila infeksi cacing sudah berlangsung cukup lama, anak akan merasa cepat lelah dan sulit berkonsentrasi. Secara tidak langsung, hal ini akan berdampak pada prestasi belajar anak.

Cacingan memang dapat berdampak serius. Karenanya, sebagai orang tua mari kenali gejala-gejalanya pada anak, dan yang terpenting adalah lakukan pencegahan, mulai dari menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta secara rutin minum obat cacing setiap enam bulan sekali.

[RN/ RVS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar