Sukses

Ini Alasan Kolam Bola Bisa Berbahaya bagi Anak-anak

Kolam bola menjadi tempat bermain yang digemari anak-anak. Namun, bukan berarti pasti aman bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Kolam bola merupakan salah satu tempat bermain yang paling digemari anak-anak. Anda tentu sering menemukan wahana hiburan ini di mal atau swalayan di kota Anda.

Belakangan, kolam bola menjadi perbincangan setelah muncul beberapa artikel mengenai bahaya bermain di arena ini.

Salah satunya, kisah mengenai seorang anak yang tewas sehabis bermain di kolam bola. Setelah diusut, anak tersebut meninggal akibat gigitan ular yang bersarang di kolam bola. Meskipun cerita tersebut belum diketahui kebenarannya, tetap saja mengerikan jika benar-benar terjadi, bukan?

Untuk itu, sebagai orang tua, Anda harus pandai memilih tempat bermain yang aman untuk anak. Tidak hanya persoalan harga, keamanan dan kebersihan pun harus diperhatikan.

Kolam bola berisikan ribuan bola warna-warni yang sebaiknya dibersihkan secara rutin oleh pihak pengelola. Bayangkan bagaimana kotornya dasar kolam bola bila tidak dibersihkan cukup lama. Pastinya banyak debu dan kotoran yang dapat memicu alergi pada anak. Anak dapat mengalami bersin-bersin, kemerahan dan gatal pada kulit, hingga infeksi pada mata.

Selain itu, jika pengelola kolam bola tidak melarang pengunjung untuk membawa makanan dan minuman ke dalam kolam, remahan makanan bisa tertinggal pada dasar kolam dan mengundang banyak serangga atau binatang. Serangga dan binatang ini dapat menjadi sumber penyakit bagi anak-anak.

Pada dasarnya, bermain di tempat umum, tidak hanya di kolam bola, dapat meningkatkan risiko tertularnya penyakit pada anak. Ribuan orang yang keluar-masuk dalam kolam bola mungkin saja membawa penyakit yang tidak Anda ketahui.

Nah, jika ingin membawa anak bermain di tempat umum, khususnya kolam bola, pilihlah tempat yang bersih dan aman.

Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dulu dengan melihat dasar kolam, atau menanyakan kepada pihak pengelola seberapa sering tempat dibersihkan. Bila tidak memungkinkan, Anda dapat membuat kolam bola sendiri di rumah agar kebersihan dan keamanannya lebih terjamin.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar