Sukses

Kiat Mengasuh Anak untuk Ibu Bekerja

Bagaimana cara mengasuh anak dengan baik meskipun ibu bekerja di kantor?

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi ibu bekerja merupakan kekhawatiran tersendiri bagi setiap wanita. Takut tidak ada waktu dan tidak dapat mengasuh anak dengan baik. Padahal ibu bekerja, selayaknya ibu rumah tangga, juga dapat membagi waktu untuk mendidik anak-anak mereka di rumah. Simak kiat-kiatnya berikut ini:

  1. Sempatkan waktu minimal 12 jam

Meskipun Anda sibuk bekerja, sempatkan waktu 1–2 jam saat di rumah untuk menemani si kecil bermain atau mengerjakan PR. Utamakan kualitas, bukan kuantitas.

Satu jam yang berkualitas tentunya akan lebih efektif dan dihargai oleh anak, dibandingkan berjam-jam di samping anak tetapi malah sibuk sendiri-sendiri.

  1. Kontrol anak melalui video call

Sebisa mungkin saat Anda lowong atau istirahat, sempatkan video call dengan anak. Anda dapat memberi arahan pada anak melalui video call atau sekadar bercanda. Anak akan tetap merasa dekat dengan melihat ekspresi wajah Anda.  

  1. Berbagi tugas dengan pasangan

Ada kalanya Anda tidak dapat menemani anak di rumah karena kesibukan yang menggunung. Untuk masalah ini, sebaiknya diskusikan dengan pasangan sehingga Anda dapat bergantian menjaga anak di rumah. Sehingga anak tidak merasa kesepian atau kehilangan sosok orang tua di rumah.

  1. Minta bantuan orang terdekat

Pekerjaan yang menuntut Anda lembur di kantor, tentunya membuat Anda tidak memiliki cukup waktu bersama anak. Mintalah bantuan orang tua, pasangan, atau tenaga pengasuh yang sudah Anda percaya untuk mengajarkan hal-hal penting kepada anak. Misalnya, mengajari cara makan yang baik dan membereskan mainannya setelah bermain.

  1. Buatlah aturan

Buatlah aturan untuk anak meski Anda sehari-hari jauh dari rumah. Sistem yang Anda bangun harus ditaati anak dengan bantuan orang yang mengawasi anak. Dengan begitu, anak akan tetap bertanggung jawab walau tanpa kehadiran Anda di rumah. Hal ini juga mengajarkan anak untuk dapat mandiri.

Menjadi ibu bekerja bukan berarti tidak dapat mengasuh anak dengan maksimal. Ada penelitian yang menyebutkan, ibu bekerja secara tidak langsung mendidik anak memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan lebih mandiri. Jadi, bila Anda seorang ibu bekerja, jangan khawatir. Anda tetap bisa membimbing anak dengan baik sama seperti ibu lainnya.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar