Sukses

Benarkah Wanita Lebih Rentan Terkena Osteoporosis?

Osteoporosis memang berhubungan erat dengan wanita jika dibanding pria. Kenapa demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Osteoporosis adalah suatu kondisi saat kualitas kepadatan tulang menurun. Akibatnya tulang menjadi keropos dan rentan mengalami keretakan. Lalu, benarkah osteoporosis lebih banyak dialami wanita?

Memang terdengar tak adil jika ada yang mengatakan wanita lebih rentan osteoporosis dibanding pria. Namun sebenarnya pernyataan itu tidak salah. National Osteoporosis Foundation menyebutkan bahwa 80% penderita osteoporosis berjenis kelamin wanita. Dan 20% sisanya adalah pria.

Ada beberapa alasan yang menjadikan wanita lebih rentan terhadap osteoporosis. Berikut di antaranya:

  • Struktur tulang wanita ternyata mempunyai ketebalan yang berbeda jika dibandingkan pria. Pria memiliki struktur tulang lebih tebal sehingga mereka lebih ‘kebal’ terhadap osteoporosis.
  • Saat hamil, bayi yang dikandung membutuhkan kalsium untuk pembentukan organ-organ pentingnya, salah satunya tulang.

Bayi tentunya tidak bisa mengonsumsi kalsium secara langsung; ia akan memperoleh kalsium melalui sang ibu. Jika asupan kalsium ibu kurang, maka bayi dalam kandungan akan mengambil kalsium dari si ibu.

  • Setelah melahirkan, wanita akan melewati masa-masa menyusui. Saat baru lahir hingga berusia 2 tahun, bayi membutuhkan kalsium yang juga diambil dari ASI.

Sama halnya saat mengandung, ketika menyusui pun ibu membutuhkan kalsium yang lebih untuk menghindari pengambilan kalsium dari tubuhnya.

Ketiga proses tersebut memang sulit dihindari kaum wanita. Walau demikian bukan berarti tidak dapat dicegah. Agar tak terkena osteoporosis, penerapan gaya hidup sehat sangatlah penting. Bagaimana caranya?

Cobalah untuk berolahraga secara teratur. Anda bisa melakukan joging, bersepeda, menari, atau bahkan mendaki gunung. Jika belum terbiasa, lakukan secara perlahan-lahan. Intinya, bergeraklah agar tulang Anda tetap kuat.  

Selain berolahraga, mendapatkan sinar matahari pagi yang cukup juga krusial. Karena sinar matahari mengandung vitamin D yang membantu penyerapan kalsium ke tulang Anda. Lalu, bagi Anda yang menyukai minuman bersoda, sebaiknya kurangi karena jenis minuman ini dapat mengurangi penyerapan kalsium ke tulang.

Dengan kiat-kiat tersebut, Anda dapat mewujudkan tulang sehat tanpa osteoporosis walaupun Anda seorang wanita. Yuk, terapkan dari sekarang!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar