Sukses

5 Kiat Menjaga Organ Intim Wanita

Berikut ini kiat menjaga organ intim Anda tetap sehat, bersih, dan wangi.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak wanita yang terlalu terfokus pada perawatan wajah, sehingga tak menyadari bahwa ada bagian tubuh lain yang juga perlu mendapat perhatian. Ya, yang dimaksud di sini adalah area organ intim –khususnya vagina.

Organ intim ini memang tidak tampak dari luar. Walaupun begitu bukan berarti harus Anda lupakan apalagi sampai tak dirawat.

Menjaga kesehatan vagina bukan hanya persoalan estetik semata. Sebab, memiliki organ intim yang sehat berarti juga mengurangi risiko Anda untuk terkena beberapa penyakit. Salah satunya infeksi saluran kemih, yang sangat mudah diderita oleh wanita yang kurang memperhatikan kebersihan vaginanya.

Tak main-main, infeksi saluran kemih yang tidak segera diatasi dapat menjadi penyakit yang lebih serius, seperti infeksi pada ginjal. Berikut ini lima kiat yang dapat Anda terapkan sehari-hari agar vagina selalu sehat:

  1. Bersihkan vagina secara teratur

Bersihkan vagina Anda minimal dua kali dalam sehari, yaitu saat mandi. Gunakan air bersih untuk membasuhnya dan pilih sabun lembut tanpa pewangi untuk mencegah iritasi.

Cukup bersihkan bagian luar vagina Anda, tak perlu bagian dalam kecuali memang disarankan oleh dokter Anda.

  1. Hati-hati dalam memilih produk pembersih vagina

Tak semua produk pembersih vagina cocok untuk setiap wanita. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan produk pembersih vagina, sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter.

  1. Hindari menggunakan pantyliner sehari penuh

Anda terbiasa memakai pantyliner? Gantilah setiap 3–4 jam sekali agar vagina tetap sehat. Jangan ditunda-tunda.

Bicara soal aman atau tidaknya pantyliner, hingga kini belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa pantyliner dapat menyebabkan penyakit tertentu. Begitu juga dengan studi yang mengatakan bahwa penggunaan pantyliner disarankan untuk kesehatan vagina.

  1. Pilih celana dalam berbahan katun

Ternyata, celana dalam berbahan nilon dan celana jeans ketat meningkatkan risiko tumbuhnya jamur di vagina Anda. Keluhan yang biasanya terjadi adalah keputihan yang terasa mengganggu.

Gunakan celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat dan celana yang lebih longgar untuk mengurangi risiko infeksi jamur.  

  1. Perhatikan teknik membilas area kewanitaan

Bersihkan vagina Anda dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hal ini penting untuk mencegah kotoran atau virus yang berasal dari anus masuk ke vagina. Setelah itu, jangan lupa untuk mengeringkan vagina dengan handuk bersih atau tisu lembut.

Menjaga kesehatan organ intim, khususnya vagina, tak hanya membuat Anda terhindar dari penyakit. Anda pun tentu akan lebih percaya diri serta nyaman jika vagina sehat dan bersih. Jadi, mari terapkan lima kiat tersebut secara rutin!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar