HomeGaya hidupDiet dan NutrisiRutin Konsumsi Keju Baik untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Rutin Konsumsi Keju Baik untuk Kesehatan

Gerardus Septian Kalis, 12 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Konsumsi keju setiap hari ternyata memberikan manfaat untuk kesehatan Anda.

Rutin Konsumsi Keju Baik untuk Kesehatan

Banyak orang menganggap bahwa keju adalah makanan pelengkap, sehingga tidak memasukannya ke dalam menu makanan pokok. Padahal, jika konsumsi keju dilakukan secara rutin, kesehatan tubuh Anda akan meningkat.

Temuan ini dipublikasikan di European Journal of Nutrition. Dalam publikasi tersebut, dikatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi keju dalam jumlah sedang setiap hari, cenderung memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular dan stroke, daripada mereka yang tidak mengonsumsi keju.

Selain itu, bakteri baik yang terdapat pada keju juga dapat mengurangi peradangan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit tertentu. Hasilnya tentu saja, Anda akan menjadi lebih sehat.

Riset tersebut dilakukan kepada lebih dari 200.000 orang. Terungkap  bahwa seseorang yang mengonsumsi keju setiap hari, memiliki risiko 14 persen lebih kecil terkena penyakit jantung koroner, dan 10 persen lebih rendah terkena stroke. Menurut riset tersebut, jumlah optimal keju yang harus Anda konsumsi adalah 40 gram per hari.

Senada dengan temuan ini, sebuah studi yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, orang yang mengonsumsi keju memiliki total kolesterol yang lebih rendah daripada orang yang mengonsumsi mentega.

Tak hanya itu, pemakan keju memiliki kadar kolesterol yang sama dengan seseorang yang melakukan diet rendah lemak. Walau demikian, mekanismenya belum diketahui secara pasti. Temuan tersebut diduga terjadi karena adanya kandungan kalsium yang tinggi pada keju.

Pada studi lain, kandungan kalsium yang tinggi pada produk olahan susu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) tanpa memengaruhi kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini tentu sangat penting bagi kesehatan jantung Anda.

Seperti banyak penelitian lainnya, tinjauan ini tidak secara pasti memberikan hubungan sebab-akibat antara konsumsi keju dan menurunnya risiko kondisi tubuh yang memburuk, seperti kondisi kesehatan yang dijelaskan di atas. Akan tetapi, terdapat sebuah fakta sederhana, bahwa konsumsi keju dalam jumlah sedang juga mengubah gaya hidup seseorang menjadi lebih sehat.

[NP]

KejuManfaat KejuKonsumsi Keju

Konsultasi Dokter Terkait