Sukses

Kiat Menjaga Lidah agar Tetap Sehat

Sering terlewat, kesehatan lidah juga harus Anda perhatikan, lho! Bagaimana cara menjaga kesehatan lidah? Yuk, simak caranya di sini.

Bukan hanya gigi atau gusi yang perlu dijaga kebersihannya, organ lain di dalam rongga mulut seperti lidah juga harus diperhatikan kondisinya. Lidah memiliki fungsi penting untuk membantu proses menelan, mengunyah, dan berbicara. Lidah juga berperan dalam memelihara kebersihan rongga mulut dan gigi.

Kondisi lidah seseorang dapat menjadi indikator adanya suatu penyakit. Lidah yang sehat ditandai dengan permukaan yang berwarna merah muda dan terdapat papila beserta nodul-nodul.

Selain itu, sebanyak 51 persen bau mulut ternyata disebabkan oleh lapisan lidah yang kotor. Melihat pentingnya fungsi organ ini, maka sudah seharusnya Anda memerhatikan kebersihan lidah seperti menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga agar lidah tetap sehat:

1 dari 4 halaman

1. Bersihkan dengan Sikat Gigi

Tidak perlu peralatan yang mahal dan rumit, membersihkan lidah bisa dilakukan dengan menggunakan sikat gigi saja di rumah. Pertama, basahi ujung bulu sikat gigi agar lebih lembut, lalu julurkan lidah semaksimal mungkin. Sikat lidah bagian tengah ke belakang secara perlahan. Jangan menyikat lidah terlalu keras karena dapat menyebabkan lidah iritasi.

2. Rajin Berkumur

Kebiasaan berkumur setelah makan atau sehabis menggosok gigi sebetulnya sangat baik untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di dalam rongga mulut. Efeknya, berkumur bikin rongga mulut Anda jadi lebih bersih optimal.

Disarankan untuk berkumur menggunakan air biasa. Setelah itu, buang air berkumur dan periksa kembali kondisi lidah Anda. Pastikan permukaan lidah sudah bersih dan warnanya terlihat merah muda.

Artikel Lainnya: Masih Malas Bersihkan Lidah, Ini 5 Alasan Wajib Lakukan

2 dari 4 halaman

3. Menggunakan Mouthwash Jika Dibutuhkan

Obat kumur yang biasa digunakan sehabis menyikat gigi umumnya bisa digunakan untuk membersihkan lidah sekaligus rongga mulut.

Akan tetapi, perhatikan obat kumur yang Anda gunakan. Ketahui dulu, apakah obat kumur tersebut bermanfaat untuk menyegarkan pernapasan atau bersifat antiseptik untuk membasmi kuman di mulut.

Agar manfaat mouthwash dalam menjaga kondisi kesehatan mulut bisa maksimal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi Anda.

4. Menggunakan Tongue Scraper

Tongue scraper adalah alat yang berfungsi untuk membersihkan permukaan lidah dan dijual bebas di pasaran. Namun sekarang, muncul inovasi alat untuk membersihkan lidah yang bernama tongue cleaner.

Tongue cleaner adalah kombinasi antara bentuk sikat gigi dan tongue scraper. Tongue cleaner memiliki bulu-bulu dari karet yang dapat membersihkan sisa makanan sekaligus menyikat celah dan permukaan lidah Anda.

Artikel Lainnya: Membersihkan Lidah Bisa Atasi Bau Mulut, Benarkah?

3 dari 4 halaman

5. Periksa Rutin ke Dokter Gigi

Selain membersihkan lidah sendiri di rumah, Anda tetap dianjurkan untuk kontrol rutin ke dokter gigi, ya. Tujuannya, untuk memeriksakan kondisi kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Misalnya saja,  dokter akan melakukan pemeriksaan gigi berlubang, pembersihan karang gigi, serta memberikan tips menjaga kesehatan lidah dan gusi Anda.

Selain itu, jika ada permasalahan di dalam rongga mulut, dokter gigi dapat  langsung mengetahui dan menanganinya dengan cara tepat. Periksa ke dokter gigi idealnya dilakukan setiap 6 bulan sekali.

6. Menjaga Pola Makan Sehat

Selain perawatan di atas, Anda juga dapat menjaga kesehatan lidah dengan memerhatikan asupan makan dan minum sehari-hari. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mampu menjaga kesehatan lidah.

Bakteri umumnya berkembang dengan sangat cepat. Maka itu, membersihkan lidah idealnya dilakukan dua kali dalam sehari setelah Anda menggosok gigi. Selain lidah jadi senantiasa sehat, Anda pun dapat terhindar dari bau mulut. 

Apabila ada yang ingin ditanyakan lebih lanjut perihal cara merawat lidah agar tetap sehat atau masalah kesehatan mulut lainnya, konsultasikan dengan dokter gigi Anda. Untuk lebih mudahnya, konsultasi langsung dengan dokter lewat fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar