Sukses

Kiat Menjaga Lidah agar Tetap Sehat

Organ dalam rongga mulut seperti lidah, bila tidak dijaga kebersihannya dapat menyebabkan bau mulut. Baca penjelasannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Ternyata bukan hanya gigi dan gusi saja yang perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Organ dalam rongga mulut lainnya, seperti lidah, juga harus Anda perhatikan kondisinya.

Lidah memiliki fungsi penting, yaitu membantu proses menelan, pengunyahan, berbicara serta memelihara kebersihan rongga mulut dan gigi. Oleh karena itu organ ini juga perlu Anda jaga agar tetap sehat.

Kondisi lidah juga dapat berfungsi sebagai indikator adanya suatu penyakit. Tanda lidah yang sehat adalah yang permukaannya berwarna merah muda. Pada lapisan tersebut terdapat papilla dan nodul-nodul.

Lidah bisa berwarna merah dan licin, atau terlapisi dengan lapisan putih. Organ ini juga bisa berwarna hitam kecoklatan dengan warna putih pada bagian rambut. Selain itu, lidah juga bisa bercelah dan terbelah. Lidah yang kotor juga dapat menyebabkan bau mulut.

Penelitian oleh Delanghe (1998) menunjukkan bahwa 87% penyebab bau mulut berasal dari dalam rongga mulut. Ia juga memaparkan penyebab lainnya sebanyak 51% berasal dari lapisan lidah, 32% dari penyakit gusi dan 17% kombinasi dari keduanya.

 

1 dari 2 halaman

Cara membersihkan lidah

Melihat pentingnya fungsi organ lidah, maka sudah seharusnya Anda memperhatikan kebersihannya, seperti Anda menjaga kesehatan gigi dan gusi. Cara membersihkan lidah sendiri bisa dilakukan dengan berbagai macam peralatan. Yang paling sederhana adalah dengan menggunakan sikat gigi.

Pertama, basahi ujung bulu sikat agar bulu lebih lembut. Julurkan lidah semaksimal mungkin. Lalu sikat lidah bagian tengah ke belakang secara perlahan. Hati-hati, menyikat lidah terlalu keras dapat menyebabkan lidah iritasi.

Bagian tengah lidah ke belakang adalah area dimana bakteri biasa berkumpul. Setelah menyikat lidah, berkumurlah agar sisa kotoran ikut terbuang. Periksa kembali apakah lidah Anda sudah bersih dan terlihat berwarna merah muda.

Selain menggunakan sikat gigi, Anda juga dapat menggunakan tongue scrapper. Alat ini dijual bebas di pasaran, namun hanya dapat membersihkan permukaan lidah saja. Kini juga ada alat yang bernama tongue cleaner yang merupakan kombinasi antara bentuk sikat gigi dan tongue scrapper.

Alat tongue cleaner memiliki bulu-bulu dari karet yang dapat membersihkan lapisan sisa makanan pada lidah sekaligus menyikat celah dan permukaan lidah Anda.

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah bau mulut, menyikat lidah dapat dilakukan 1 kali sehari saja. Namun alangkah baiknya agar kegiatan ini dilakukan secara rutin agar anda terbebas dari bau mulut dan penyakit mulut lainnya.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar