Sukses

5 Kiat Praktis Memutihkan Kulit Ketiak

Ingin punya kulit ketiak yang putih dan mulus? Ini cara yang bisa Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Bagian lipatan di tubuh seperti ketiak merupakan area yang berisiko memiliki warna lebih hitam. Kulit ketiak yang menghitam dapat mengganggu penampilan, terutama jika Anda menggunakan baju tanpa lengan.

Kulit ketiak yang menghitam bisa disebabkan oleh kondisi berikut ini:

  • Mencukur rambut ketiak

Bagian rambut di atas permukaan kulit yang tercukur dapat menciptakan suatu tampilan yang berbeda. Ini menyebabkan warna kulit ketiak tampak lebih hitam.

  • Berlebihan menggunakan deodoran

Deodoran berfungsi untuk mencegah bau badan. Tidak sedikit pula produk deodoran yang mengklaim dapat memutihkan kulit ketiak. Meski terdengar bermanfaat, nyatanya deodoran jenis apa pun dapat membuat kulit ketiak semakin menghitam jika dipakai berlebihan. Ini akibat bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

  • Penumpukan sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati yang mengendap di permukaan kulit dapat membuat kulit tampak kusam dan gelap. Tidak hanya pada wajah, hal ini juga berlaku untuk kulit ketiak dan anggota tubuh lainnya.

  • Berat badan berlebih

Berat badan di atas normal atau obesitas dapat memicu timbulnya daerah lipatan dengan warna kulit yang lebih gelap. Dalam bahasa medis, keadaan ini disebut dengan achantosis nigricans.

1 dari 2 halaman

Membuat kulit ketiak lebih putih

Berdasarkan penyebab di atas, maka tindakan yang dapat membuat kulit ketiak Anda lebih putih adalah sebagai berikut:

  1. Cukur ketiak dengan metode IPL atau waxing

Metode IPL (Intense Pulse Light) dan waxing dapat membantu menghilangkan rambut ketiak, tanpa menyebabkan perubahan warna kulit. Ini karena kedua metode tersebut mengangkat rambut ketiak dari akar, sehingga tidak membuat kulit ketiak menghitam.  

  1. Gunakan deodoran khusus secukupnya

Penggunaan deodoran khusus untuk kulit sensitif dapat mengurangi risiko kulit ketiak yang menghitam. Selain itu, pastikan pula Anda hanya menggunakan deodoran secukupnya saja.

  1. Scrubbing

Untuk mencegah penumpukan sel-sel kulit mati, lakukanlah scrubbing sebanyak 2 kali per minggu secara rutin.

  1. Turunkan berat badan

Tidak hanya mencegah kulit ketiak menghitam, menurunkan berat badan hingga batas ideal juga sangat baik untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

  1. Perasan lemon dan timun

Bahan-bahan alami seperti perasan lemon dan timun dapat digunakan untuk mencerahkan kulit ketiak.

Jika cara di atas belum mampu mengembalikan warna kulit ketiak yang menghitam, jangan ragu untuk segera berkunjung ke dokter spesialis kulit. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar