Sukses

Cegah Batu Empedu dengan Diet Sehat

Batu empedu dapat dicegah dengan memerhatikan makanan yang Anda konsumsi. Berikut panduannya!

Batu empedu merupakan penyakit ketika ditemukannya batu di dalam kandung empedu. Penyakit ini dapat memicu sakit perut konstan, kembung, mual, dan muntah. Namun, pada kasus tertentu batu empedu tidak memberikan gejala spesifik.

Untuk mencegah batu empedu, Anda perlu benar-benar memerhatikan segala asupan yang dikonsumsi. Dalam hal ini, dianjurkan untuk menghindari makanan mengandung lemak dan kolesterol tinggi. 

Berikut ini beberapa makanan pencegah batu empedu yang penting Anda konsumsi:

1. Makanan Tinggi Serat

Hindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang berkalori dan berserat seperti buah, sayur, dan biji-bijian. 

Selain baik untuk kesehatan kandung empedu, serat juga baik untuk kesehatan saluran cerna.

2. Pola Makan Nabati

Pola makan yang sehat berbasis tanaman akan memberikan berbagai macam nutrisi. Makanan nabati adalah sumber yang baik untuk vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, jenis makanan ini dapat membantu mencegah penyakit kandung empedu.

Artikel Lainnya: 4 Tips Hidup Sehat setelah Kantong Empedu Diangkat

1 dari 2 halaman

3. Protein Tanpa Lemak

Protein sangat penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Daging merah dan produk susu adalah sumber protein yang baik tetapi juga tinggi lemak. Asupan lemak yang tinggi dapat meningkatkan risiko batu empedu. 

Karena itu, pilihlah jenis protein rendah lemak, seperti dada ayam, ikan, dan produk susu rendah lemak.

4. Vitamin C, Magnesium, dan Folat

Vitamin C, magnesium, dan folat dapat membantu mencegah gangguan kandung empedu. Buah dan sayuran segar adalah sumber vitamin yang baik. Vitamin C tersedia di dalam jeruk, kiwi, tomat, dan stroberi.

Kini, Anda tidak perlu bingung untuk menjaga kesehatan kandung empedu. Sejumlah periset mengatakan, banyak gejala batu empedu berasal dari makanan kaya karbohidrat dan lemak jenuh. 

Artikel Lainnya: Waspada, Makanan Ini Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Batu Empedu

Beberapa asupan tersebut meliputi gorengan, makanan olahan, daging merah berlemak, dan semua produk yang berasal dari susu tinggi lemak.

Jika Anda kelebihan berat badan, maka usahakan untuk menurunkan berat badan secara bertahap. Lalu, tetaplah berpegang pada diet sehat dan seimbang serta berolahraga teratur. 

Bila Anda sudah terlanjur terkena batu empedu, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. 

Konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan awal lebih cepat bisa menggunakan LiveChat Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar