Sukses

Cegah Batu Empedu dengan Diet Sehat

Batu empedu dapat dicegah dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Klikdokter.com, Jakarta Batu empedu merupakan penyakit akibat banyaknya kandungan kolesterol dalam empedu. Penyakit ini dapat memicu sakit perut konstan, kembung, mual, dan muntah. Namun pada kasus tertentu, batu empedu tidak memberikan gejala spesifik pada penderitanya.

Seperti dikutip dari WebMD, untuk mencegah batu empedu, Anda perlu benar-benar memerhatikan segala asupan yang dikonsumsi. Terkait ini, Anda dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi makanan yang berkalori dan berserat seperti buah, sayur, biji-bijian, daging unggas, ikan dan produk susu rendah lemak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko batu empedu. Sedangkan, konsumsi alkohol dalam jumlah sedang juga dikaitkan dengan penurunan risiko batu empedu.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang makan satu porsi kacang per hari memiliki risiko terkena batu empedu 20% lebih rendah. Meski penelitian ini masih perlu ditelaah lebih jauh, tidak ada salahnya jika Anda ingin mempraktikkannya.

Sejumlah periset mengatakan, banyak gejala batu empedu berasal dari makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak jenuh. Beberapa makanan tersebut, misalnya gorengan, makanan olahan, daging merah berlemak, dan semua produk yang berasal dari susu tinggi lemak.

Jika Anda kelebihan berat badan, usahakan untuk menurunkan berat badan secara bertahap, yaitu 0,5-1 kg dalam seminggu, dengan tetap berpegang pada diet sehat dan seimbang serta berolahraga secara teratur. Jika Anda sudah terlanjur terkena batu empedu, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar