Sukses

Apakah Cinta pada Pandangan Pertama Sungguh Ada?

Banyak yang percaya, cinta pada pandangan pertama memang benar-benar ada. Apakah anggapan ini terbukti?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda termasuk orang-orang yang percaya adanya cinta pada pandangan pertama? Jika iya, sepertinya Anda harus menarik keyakinan ini. Sebab penelitian mengungkapkan bahwa cinta semacam itu tidak ada.

Para psikolog dari Universitas Groningen di Belanda menyelidiki secara ilmiah fenomena cinta pada pandangan pertama. Hasilnya mengejutkan, ternyata cinta pada pandangan pertama hanyalah sebatas ketertarikan fisik terhadap lawan jenis.

Periset melakukan penelitian terhadap 396 peserta. Sebanyak 60% di antaranya adalah wanita, sedangkan sisanya adalah pria. Melalui sebuah survei online, para peserta diberikan pertanyaan terkait hubungan yang romantis.

Setelah itu, peserta ditunjukkan gambar-gambar orang yang tidak mereka kenal. Selanjutnya, mereka diminta untuk menilai ketertarikannya terhadap sosok yang ditampilkan. Pada penelitian selanjutnya, para peserta juga diminta untuk menghabiskan 20 menit untuk saling mengenal dengan orang asing tersebut.

Dari penelitian di atas, sebanyak 32 peserta (kebanyakan dari mereka adalah pria) menggambarkan pengalaman cinta pada pandangan pertama. Namun, perasaan cinta ini sesungguhnya ditimbulkan karena lawan jenis yang menarik secara fisik.

“Temuan kami menunjukkan bahwa cinta pada pandangan pertama yang dilaporkan sebenarnya tidak menyerupai cinta yang penuh gairah,” kata para periset.

Melihat hasil dari penelitian di atas, Anda sebaiknya berpikir dua kali jika merasa langsung jatuh cinta saat pertama kali memandang lawan jenis. Bukankah cinta melalui proses pendekatan akan lebih baik daripada langsung jatuh cinta pada pandangan pertama?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar