Sukses

Mungkinkah Terserang Cacar Air Dua Kali?

Pada umumnya, cacar air hanya terjadi sekali pada satu orang. Namun, bisakah terkena cacar air dua kali? Apa penyebabnya? Simak di sini.

Pada umumnya, seseorang hanya akan mengalami cacar air sekali seumur hidup. Penyakit menular ini dimulai dengan gejala peningkatan suhu tubuh, rasa nyeri atau pegal di berbagai area tubuh, rasa tidak enak badan, dan nafsu makan berkurang.

Setelah itu, bintil-bintil cacar dengan gelembung air muncul di berbagai bagian tubuh, yang terkadang terasa gatal. Karena sifatnya yang amat menular, Anda disarankan untuk tetap di rumah.

Lazim diketahui kalau penyakit ini hanya terjadi satu kali dalam hidup. Namun, tak menutup kemungkinan Anda alami cacar dua kali. Mengapa demikian? 

Virus varicella zoster (VZV) akan menetap pada jaringan saraf, meski dalam keadaan tidak aktif. Virus ini dapat direaktivasi di kemudian hari, dan menyebabkan Anda terkena cacar dua kali. Atau, sakit bisa muncul dalam bentuk yang lebih parah, yakni berupa herpes zoster.

Artikel lainnya: Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air yang Efektif

1 dari 3 halaman

Penyebab Terkena Cacar Air Dua Kali

Apa saja penyebab Anda lebih berisiko terkena cacar air berulang? Berikut beberapa di antaranya:

  • Kasus cacar air pertama dialami sebelum usia 6 bulan kehidupan.
  • Kasus cacar air pertama yang dialami memiliki gejala yang amat ringan.
  • Daya tahan tubuh sedang rendah, akibat kelelahan, merasa sedih berlebihan hingga depresi, hingga karena suatu penyakit lainnya.

Pada beberapa kasus, seseorang yang sepertinya mengalami cacar air untuk kedua kalinya, sebetulnya sedang mengalami serangan pertama. 

Banyak sekali penyakit dengan ruam kulit yang dapat menyerupai cacar air. Bisa saja, Anda sebelumnya tidak pernah mengalami cacar air, tapi penyakit lain.

2 dari 3 halaman

Mencegah Cacar Air Berulang

Untuk dapat mencegah agar tidak terkena cacar dua kali, Anda bisa menjaga agar daya tahan tubuh tetap baik. 

Artikel lainnya: Bekas Cacar Air Jadi Keloid, Ini Cara Atasinya

Beberapa cara tersebut antara lain:

  1. Menerapkan gaya hidup yang sehat, meliputi tidur yang cukup, olahraga rutin, serta gizi yang seimbang.
  2. Memberikan vaksin cacar untuk Anda dan anak.
  3. Menghindari kontak dengan seseorang yang sedang mengalami cacar air. Misalnya, berada di dalam ruangan yang sama selama minimal 15 menit, menyentuh ruam cacar, dan memegang barang yang terkontaminasi percikan napas maupun cairan dari ruam.

Tidak semua orang akan mengalami cacar dua kali dalam hidupnya. Akan tetapi, apabila Anda merasa telah mengalami reaktivasi virus atau mengalami cacar air, konsultasikanlah ke dokter.

Dokter akan mampu membedakan ruam pada kulit dan melihat apakah Anda mengalami cacar air, atau gejala penyakit lainnya. 

Ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar cacar air terjadi dua kali dan gejalanya? Jangan ragu manfaatkan fitur Live Chat dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar