Sukses

Mungkinkah Terserang Cacar Air Dua kali?

Banyak orang mengira bahwa cacar air hanya dapat terjadi hanya sekali seumur hidup. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Cacar air atau disebut juga varicella adalah penyakit yang biasanya menjangkiti anak-anak. Penyebabnya adalah varicella zoster virus (VZV).  Mungkin, Anda sudah pernah mengalaminya saat masa kanak-kanak dulu.

Gejala khas yang biasa timbul berupa gelembung-gelembung berwarna merah dan berisi cairan yang terasa gatal. Gelembung-gelembung tersebut dapat timbul di seluruh permukaan kulit tubuh. Gejala lain dapat timbul 1-2 hari sebelum munculnya gelembung, yang berupa demam, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan rasa lemas.

Beberapa kondisi yang dapat meningkatkan risiko pada beberapa orang terjangkit cacar air adalah sebagai berikut:

  • Belum pernah terkena cacar air
  • Belum pernah vaksinasi cacar air
  • Sering beraktivitas di lingkungan sekolah atau tempat yang terdapat banyak anak-anak

Mitos yang berkembang adalah, jika seseorang sudah pernah terkena cacar air, maka ia tidak akan tertular cacar air lagi untuk yang kedua kalinya. Anggapan tersebut tidak benar.

Memang kenyataannya jarang seseorang menderita cacar air hingga dua kali, namun ketika sistem imunitas tubuh menurun atau intensitas infeksi pada cacar air pertama kali ringan, maka cacar air dapat terjadi lagi, yang mungkin gejalanya tidak sehebat yang pertama.

Saat pertama kali sembuh dari cacar air, sebenarnya virus varicella zoster tidak benar-benar hilang dari tubuh. Dalam kondisi tersebut, virus hanya tertidur (dorman) di dalam serabut saraf.

Ketika sistem imunitas tubuh melemah, virus tersebut dapat kembali menimbulkan gejala seperti cacar air. Kondisi melemahnya sistem imunitas ini biasanya terjadi pada orang-orang berusia lanjut, atau mereka yang kondisi sistem imunitasnya dilemahkan oleh faktor penyakit atau penggunaan obat-obat tertentu.

Meski virus varicella zoster yang “bangkit” kembali ini dapat menyebabkan Anda terkena cacar yang kedua kalinya, namun nyatanya lebih sering menyebabkan penyakit herpes zoster. Cacar air dan herpes zoster memang berkaitan karena keduanya disebabkan oleh jenis virus yang sama.

Kini Anda tahu bahwa meskipun pernah menderita cacar air, Anda dapat mengalaminya lagi untuk yang kedua kalinya. Karena itu, tetaplah jaga kesehatan untuk menunjang sistem imunitas tubuh yang prima sehingga dapat melawan berbagai jenis infeksi, termasuk serangan virus varicella zoster yang dapat menyebabkan cacar air dan herpes zoster.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar