Sukses

Manfaat Bermain Lego untuk Orang Dewasa

Meski dikenal sebagai mainan edukasi anak, lego pun memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa.

Klikdokter.com, Jakarta Lego yang merupakan mainan seperti bricks yang dapat disusun adalah mainan lintas generasi yang digemari segala usia, dari mulai anak-anak hingga dewasa. Bagi anak-anak, mainan lego bersifat edukatif dan kreatif. Sedangkan bagi orang dewasa, manfaatnya pun tak kalah banyaknya. Apa sajakah itu?

  1. Baik untuk kesehatan mental dan emosional

Kesibukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat membuat Anda stres atau cemas. Lego merupakan salah cara untuk bersantai. Saat Anda fokus dan konsentrasi menyusun lego, segala hal yang membuat stres atau cemas akan sejenak terlupakan. Sehingga, Anda pun bisa merasa rileks.

  1. Melatih keterampilan dalam memecahkan masalah secara kreatif

Layaknya kehidupan nyata, membangun sebuah konstruksi atau desain dari lego membutuhkan perencanaan. Ada kalanya apa yang sudah direncanakan tidak berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Bermain lego sendiri dapat melatih keterampilan Anda untuk mencari berbagai alternatif pemecahan masalah. Sebab area otak yang berhubungan dengan kemampuan mengenal masalah akan dilatih untuk mengambil keputusan dan mencari jalan keluar yang ‘out of the box’.

Pekerjaan-pekerjaan yang kompleks pun menjadi tampak sederhana bagi Anda.

  1. Mengasah kreativitas

Lego memberi ruang untuk bereksplorasi dan berinovasi. Bisa jadi, Anda akan menemukan keterampilan dan kemampuan yang selama ini tersembunyi. Kreativitas akan semakin terasah bila Anda memainkan potongan-potongan lego yang tidak bertema, atau bersifat random.

Aktivitas ini membuat seseorang bebas membangun apa pun yang terlintas di benaknya.

  1. Mengajarkan kesabaran dan membuat diri tahan uji

Untuk menyusun lego sesuai dengan desain yang Anda inginkan memang membutuhkan waktu, tentunya setelah melalui berbagai percobaan dan kesalahan. Secara tidak langsung, kebiasaan ini membuat Anda menjadi pribadi yang tahan uji.

Orang yang gemar bermain lego juga umumnya menyukai tantangan dan tidak mudah menyerah saat melihat rencana desain konstruksi yang sulit atau hancur. Dalam dirinya, selalu ada dorongan bahwa suatu konstruksi pasti bisa dibangun. Jika dikaitkan dengan kehidupan nyata, hal ini berarti suatu masalah pasti bisa diselesaikan.

Selain berbagai manfaat di atas, bermain lego dapat membantu menyalurkan imajinasi dan mimpi-mimpi Anda akan sebuah konstruksi atau bentuk. Anda pun bisa kembali terhubung dengan memori di masa kecil. Bagi Anda yang suka berinovasi, lego dapat digunakan sebagai inspirasi untuk melahirkan ide baru atau mengembangkan ide lama dan memodifikasinya.

Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, bermain lego merupakan salah satu aktivitas quality time yang sangat bermanfaat bagi Anda dan anak. Selain bermanfaat untuk membangun komunikasi, lego dapat membuat orang dewasa dan anak bisa sama-sama belajar melalui situasi yang menyenangkan. Selamat bermain!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar