Sukses

Penanganan Asma pada Anak di Rumah

Jangan panik saat asma anak kambuh di rumah. Lakukan ini untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi orang tua dari anak yang memiliki asma bukanlah hal mudah. Asma yang dapat kambuh sewaktu-waktu, sering kali membuat orang tua panik dan kebingungan. Lalu, apa saja yang perlu dicatat agar asma dapat tertangani dengan baik?

Serba-serbi asma

Asma merupakan penyakit radang kronis yang menyerang saluran pernapasan. Serangan asma yang dipicu oleh agen alergi akan menimbulkan reaksi berlebih dari saluran napas, sehingga napas menjadi sulit dan terhambat. Gejala asma yang sering muncul adalah sesak, batuk, tersengal-sengal, dan napas yang berbunyi.

Jika mendapati tanda dan gejala tersebut pada anak, Anda bisa mencurigai anak Anda menderita asma. Apalagi jika gejala memburuk pada malam atau dini hari dan terdapat riwayat alergi dalam keluarga.

Jika anak Anda sudah terdiagnosis asma, dokter akan meresepkan obat baik untuk jangka panjang maupun serangan jangka pendek.

Asma merupakan bentuk alergi sehingga penting untuk mempelajari hal apa yang menjadi pemicu asma pada anak. Cara terbaik untuk mengatasi asma adalah dengan menghindari pemicunya, agar serangan tidak kembali. Pemicu ini dapat berupa debu, bulu binatang, udara dingin, atau lainnya.

Menangani serangan asma di rumah

Jika anak memiliki asma, penting bagi Anda untuk mengetahui poin-poin penting dari asma. Mintalah dokter untuk menuliskan penanganan asma anak dan simpan dalam ponsel agar mudah dicari. Untuk menangani serangan asma di rumah, berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan:

  • Segera gunakan obat-obatan asma anak sesuai instruksi dokter.
  • Posisikan anak duduk, hindari berbaring untuk memudahkan pernapasannya.
  • Jangan panik dan tenangkan anak untuk memperlambat pernapasannya sehingga anak tidak kelelahan.
  • Tunggu 5–10 menit. Jika gejala menghilang, anak bisa kembali beraktivitas; sedangkan jika tidak, segera bawa anak ke layanan kesehatan terdekat.
  • Tetap gunakan obat pereda asma setiap beberapa menit sesuai petunjuk sampai bantuan datang atau anak telah ditangani tenaga medis.

Nah, agar anak terhindar dari serangan asma, selalu siapkan obat-obatan dalam tas dan bawa ke manapun untuk berjaga-jaga. Selain itu, berikan asupan nutrisi terbaik kepada anak agar daya tahan tubuhnya terpelihara baik. Dan hal penting lain yang harus Anda lakukan adalah hindari hal-hal yang dapat memicu serangan asma pada anak.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar