HomeInfo SehatPencernaanWaspada Diare Saat Musim Hujan!
Pencernaan

Waspada Diare Saat Musim Hujan!

dr. Kartika Mayasari, 11 Des 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain banjir, musim hujan juga identik dengan diare. Apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

Waspada Diare Saat Musim Hujan!

Udara yang sejuk sepanjang hari adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu saat hujan datang. Tapi sayangnya, musim hujan juga membuat orang rentan terkena penyakit. Salah satunya adalah diare.

Diare pada musim hujan sering kali menjadi momok yang menakutkan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai anak yang masih perlu pendamping. Untuk diketahui, diare ini lebih banyak dialami oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa.

Meski tampak sepele, diare dapat menyebabkan dehidrasi hingga kematian jika tak ditangani dengan baik. Diare bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit. Namun, diare saat musim hujan umumnya diakibatkan oleh adanya penurunan kualitas kebersihan. Sehingga perkembangan mikroba pun tak dapat terhindarkan.

Saat musim hujan tiba, saat itulah terjadi banjir di mana-mana. Kebersihan air pun perlu lebih dipertanyakan. Belum lagi penyebaran bakteri dari satu wilayah ke wilayah lainnya menjadi lebih mudah. Hal inilah yang harus mendapatkan perhatian khusus.

Kejadian ini memang akan meningkatkan risiko diare saat musim hujan. Tapi bukan berarti tidak bisa dicegah. Anda dapat menghalau diare pada musim hujan ini dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Mencuci tangan sebelum memasukkan sesuatu ke dalam mulut, sesudah ke toilet, dan sesudah memegang benda milik umum.
  • Cuci bersih buah, sayur, dan semua bahan makanan yang akan dikonsumsi.
  • Masak air hingga matang. Begitu juga saat memasak atau mengolah bahan makanan. Hal ini akan meminimalkan tercemarnya air dan makanan yang akan dikonsumsi.
  • Jagalah kebersihan lingkungan sekitar Anda. Jangan terlalu lama menimbun sampah di depan rumah yang akan menyimpan banyak bakteri dan virus di dalamnya.

Melihat mudahnya beragam penyakit menyerang, khususnya diare, saat musim hujan tiba, alangkah baiknya jika semua pihak terlibat menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, Anda juga perlu melakukan sejumlah tindakan preventif, seperti yang disarankan di atas, untuk mencegah risiko terkena diare.

[RS/ RVS]

Musim HujanbakteriDiare

Konsultasi Dokter Terkait