Sukses

5 Kiat Sehat Naik Pesawat

Meski lebih cepat dan nyaman, bepergian naik pesawat dapat mengancam kesehatan Anda. Ini kiatnya agar tetap sehat di angkasa.

Klikdokter.com, Jakarta Untuk bepergian jarak jauh, banyak orang meyakini pesawat sebagai moda transportasi yang paling dapat diandalkan. Selain Anda bisa lebih cepat sampai tujuan, suasana di dalam pesawat pun relatif cukup nyaman. Namun di balik itu, siapa sangka Anda justru memiliki risiko terserang penyakit lebih tinggi.

Seperti dikutip dari brightside.me terdapat beberapa kiat untuk tetap sehat saat melakukan perjalanan dengan pesawat dan sampai di tujuan dengan selamat.

1. Buka sirkulasi udara

Saat Anda merasa kedinginan, biasanya Anda akan langsung menutup sirkulasi udara yang ada di atas kepala. Tindakan ini sebenarnya salah, karena aliran udara ini justru membantu mencegah peredaran penyakit seperti tuberkulosis dan meningitis.

2. Hindari pakaian ketat

Memilih pakaian yang tidak terlalu ketat dapat membantu memperlancar aliran darah selama Anda duduk di pesawat. Duduk dalam satu posisi yang lama dapat memperlambat aliran darah. Sirkulasi darah yang buruk membuat kaki terasa bengkak, mati rasa dan dingin. Hindari juga pakaian yang dipasang ketat di sekitar pinggang dan kaki, karena akan membuat jantung bekerja lebih keras.

3. Mengubah waktu tidur dan makan

Jika Anda berencana bepergian ke wilayah dengan zona waktu yang berbeda, sebaiknya ubah jadwal tidur dan makan 1 jam lebih awal. Terapkan pola ini 2-3 hari sebelum penerbangan sehingga tubuh Anda tidak akan “kaget” dalam masa transisi ke zona waktu yang baru.  

4. Pakailah masker saat kekebalan tubuh Anda sedang lemah

Meskipun hanya penerbangan singkat, bakteri dapat berkembang di ruangan tertutup. Memakai masker dapat melindungi diri Anda dan orang lain. Anda juga harus waspada terhadap kebersihan selimut dan bantal (lebih baik bawa sendiri) serta toilet di dalam pesawat. Pilih masker satu kali pakai dan jangan lupa rutin mencuci tangan.

5. Tetap terhidrasi

Udara dalam pesawat 55 persen lebih kering daripada udara di ruang tertutup normal. Karenanya, selaput pelindung dan sinus bisa mengering sehingga menyebabkan Anda lebih rentan terhadap infeksi sinus atau terserang flu. Minumlah air sebelum dan selama penerbangan. Hindari makanan tinggi lemak dan garam karena bisa mengakibatkan dehidrasi. Hindari juga minum alkohol dan kopi 12 jam sebelum penerbangan.

Meskipun perjalanan udara tergolong lebih aman daripada transportasi lain, namun beberapa risiko kesehatan tetap mengintai, bahkan dengan tingkat risiko lebih tinggi. Dengan menerapkan beberapa kiat di atas, kesehatan tubuh Anda ketika berpergian dengan pesawat dapat terjaga hingga sampai di lokasi tujuan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar