Sukses

Hati-hati Mencoba Sampel Produk Kosmetik di Toko

Awas, jangan sembarangan mencoba sampel produk kosmetik di toko, karena dapat menyebabkan penularan penyakit.

Klikdokter.com, Jakarta Wanita biasanya sering mencoba sampel produk kosmetik, seperti lipstik, yang ada di toko sebelum membelinya. Tujuannya yaitu untuk mengetahui apakah warna lipstik tersebut cocok dengan warna kulit wajah mereka atau tidak. Sayangnya, baru-baru ini, aktivitas tersebut diketahui dapat menyebabkan penularan penyakit.

Seorang wanita asal Amerika Serikat baru saja menggugat sebuah label produk kosmetik. Dia mengklaim bahwa dirinya terkena herpes oral setelah mencoba sampel lipstik di salah satu gerai label produk kosmetik tersebut.

Menurut ahli dermatologi Dr. Whitney Bowe, penyebaran bakteri sangat mungkin terjadi melalui produk kosmetik. “Anda bisa tertular virus herpes dari benda mati seperti lipstik. Faktanya, virus itu bisa bertahan di permukaan tabung lipstik hingga seminggu,” katanya.

Sementara itu, sebuah tim investigasi dari Reson Reports melakukan penyelidikan di beberapa toko-toko kosmetik. Mereka menemukan sejumlah produk kosmetik mengandung bakteri berbahaya, termasuk E. Coli dan Klebsiella pneumoniae. Dua bakteri ini biasanya ditemukan di saluran usus dan dikeluarkan dari tubuh bersama feses.

Selain itu, tim investigasi juga menemukan beberapa produk dari sejumlah toko yang positif mengandung Staphylococcus aureus. Ini merupakan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi, bisul. Bakteri ini juga dapat menimbulkan lesi yang sangat serius, terutama bila terdapat luka terbuka pada kulit atau bibir Anda.

Pemakaian sampel produk kosmetik untuk mata dan bibir harus menjadi perhatian khusus. Sebab, penularan virus mudah terjadi pada kedua produk tersebut. Sejumlah kasus yang pernah dilaporkan yaitu infeksi pada selaput lendir mata akibat pemakaian maskara dan eyeliner yang terkontaminasi.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari pemakaian sampel produk kosmetik di area penting di wajah. Anda cukup mengaplikasikan sampel produk pada punggung tangan. Selain itu, hindari pemakaian sampel pada kulit yang terkelupas. Anda juga perlu memikirkan kembali untuk tidak meminjamkan produk kosmetik pada orang lain guna mencegah penularan penyakit.

[BA/ RVS]

1 Komentar