Sukses

Bolehkah Mandi Saat Terkena Cacar Air?

Anggapan yang berkembang, cacar air bisa makin menjalar jika terkena air.

Klikdokter.com, Jakarta Pada musim peralihan, penyakit cacar air sering terjadi. Secara medis, penyakit ini dinamakan varicella dan disebabkan oleh virus Varicella Zooster. Salah satu tanda adanya penyakit ini adalah munculnya lentingan yang berisi cairan dengan dinding tipis yang disertai kemerahan. Pada kondisi tersebut, apakah saat mengalami cacar air penderita boleh mandi? 

Sebagian besar orang beranggapan bahwa mandi dapat memicu pecahnya lentingan yang berisi virus. Apabila pecah, virus dapat menyebar dan menular ke bagian tubuh yang lain hingga menimbulkan bekas cacar di tubuh.

Anggapan yang mengatakan bahwa saat menderita cacar air Anda tidak boleh mandi merupakan hal yang salah. Di saat daya tahan tubuh sedang menurun karena cacar air, bila Anda tidak mandi, kebersihan kulit dan tubuh semakin tidak terjaga dengan baik. Hal ini justru memudahkan kuman lain masuk ke dalam tubuh dan memicu terjadinya infeksi tambahan, seperti munculnya cairan nanah di lentingan cacar tersebut.

Saat mandi gunakan air hangat dan sabun mandi lembut yang tidak mengandung skrub. Anda bisa memilih menggunakan sabun mandi bayi yang dibasuh secara perlahan tanpa digosok. Setelah mandi, keringkan badan dengan menggunakan handuk.

Namun yang perlu Anda perhatikan, kulit tubuh sebaiknya hanya diusap secara lembut untuk menghindari lenting menjadi pecah. Pastikan handuk yang Anda gunakan merupakan handuk bersih.

Pencegahan agar tidak tertular cacar air dapat dilakukan dengan memastikan seluruh anggota keluarga Anda telah mendapatkan imunisasi varicella. Jika belum, segera lakukan imunisasi. Selain itu seringlah lakukan mencuci tangan. Ajak juga anggota keluarga Anda lainnya yang tinggal di rumah untuk melakukannya.

Jadi, kini Anda tak perlu ragu jika ingin mandi saat terkena cacar air. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin, seperti serat dan buah. Tak hanya itu, istirahat yang cukup juga dapat membantu pemulihan tubuh dari penyakit cacar air.

[NP/ RVS]

1 Komentar