Sukses

Menyendiri Juga Punya Manfaat untuk Kesehatan, Lho!

Ada beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh dari menyendiri. Cek penjelasannya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Seseorang yang memiliki sifat introver kerap dikaitkan dengan kebiasaan gemar menyendiri. Meskipun demikian, menarik diri dari pergaulan sosial ternyata tidak selalu dipandang negatif. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sesekali menyendiri juga baik untuk kesehatan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Personality and Social Psychology Bulletin, jika Anda meluangkan waktu 15 menit untuk menyendiri dan tidak melakukan aktivitas apapun (termasuk tidak menggunakan gawai), hal ini dapat membuat Anda lebih rileks dan tenang. Selain itu, konsentrasi Anda pun lebih meningkat.

“Tampaknya ada semacam stigma pada mereka yang gemar menyendiri. Padahal menyendiri adalah sesuatu yang terjadi setiap hari. Dan ini lebih sering terjadi seiring bertambahnya usia,” kata Thuy-vy T. Nguyen dari Department of Clinical and Social Sciences in Psychology, University of Rochester.

“Pelajaran lainnya adalah jika Anda adalah seseorang dengan jadwal sibuk atau gaya hidup yang penuh tekanan, mungkin dengan menyendiri barang sejenak, bisa berguna untuk menjalani hari-hari Anda agar lebih bermanfaat,” tambahnya.

Menurut Nguyen, salah satu manfaat menyendiri adalah dapat menghilangkan emosi negatif. Karena dengan menyendiri dan melakukan kontemplasi, tubuh dan pikiran bisa lebih santai dalam menghadapi keadaan.

Penelitian yang dilakukan pada peserta yang merupakan golongan mahasiswa membuktikan bahwa menyendiri dapat menurunkan efek buruk dari rasa takut, kesal, mudah tersinggung dan gelisah. Berpikir positif dan memilih berbagai cara untuk menghabiskan kesendirian bisa membuat hidup Anda menjadi lebih baik dan terhindar dari emosi negatif.

Berdasarkan penelitian tersebut, sengaja menyendiri untuk menghimpun energi, bisa membuat tubuh rileks dan perasaan stres berkurang. Manfaat dari menyendiri akan bisa lebih banyak didapatkan apabila Anda melatihnya setiap hari.

Tidak selamanya orang yang menyendiri berarti mengalami gangguan kepribadian. Dengan menyendiri untuk berkontemplasi atau menghimpun energi baru, Anda bisa menjadi lebih produktif dalam berpikir dan menyelesaikan tugas-tugas. Selain itu, cara ini juga bisa menghindarkan Anda dari emosi negatif. Jadi, tak perlu sungkan untuk menyendiri beberapa saat demi kesehatan Anda, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar