Sukses

Bawang Putih Ampuh Mengobati Bisul, Ini Penjelasan Medisnya

Selain menambah cita rasa masakan, bawang putih juga dianggap dapat mengobati bisul. Namun, apakah medis setuju dengan manfaat bawang putih untuk bisul? Ini faktanya!

Bisul merupakan infeksi bakteri pada kulit yang terbentuk di folikel rambut dan kelenjar minyak. Keluhan ini umumnya muncul di bagian tubuh yang sering mengalami gesekan maupun tertekan, seperti wajah, ketiak, selangkangan, bahu, atau bokong.

Bisul memang umumnya tidak berbahaya. Namun, keluhan ini dapat mengganggu kenyamanan hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Oleh karena itu, penderita bisul pasti ingin segera sembuh dari keluhan tersebut. Salah satu cara yang dianggap efektif mengobati bisul adalah dengan memanfaatkan bawang putih.

Benarkah anggapan tersebut? Apa kata medis terkait penggunaan bawang putih untuk bisul?

Artikel Lainnya: Fakta di Balik Pengobatan Bisul dengan Bawang Putih

1 dari 3 halaman

Kandungan Bawang Putih yang Bermanfaat untuk Bisul

Bawang putih memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antivirus, serta antiseptik. Seluruh kandungan tersebut berasal dari senyawa alisin yang terdapat di dalamnya. 

Alisin bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bisul dan jerawat. Senyawa yang sama juga mampu mengurangi kebengkakan dan peradangan. 

Peredaran darah pada tempat yang mengalami bisul juga menjadi lebih baik berkat senyawa tersebut. Karena itu, kulit bisa mendapatkan gizi dengan lebih optimal. 

Tidak berhenti di situ, bawang putih juga mengandung tiosulfinat yang merupakan zat antimikroba. Beberapa vitamin dan mineral di dalam bawang putih, seperti vitamin B6, C, selenium, tembaga dan zink, dapat pula membantu mengurangi keparahan bisul maupun jerawat,

Artikel Lainnya: Benarkah Sering Makan Telur Bisa Sebabkan Bisul?

2 dari 3 halaman

Cara Mengobati Bisul dengan Bawang Putih

Ingin memanfaatkan bawang putih untuk bisul? Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Sediakan 3-4 siung bawang putih, dan olah menjadi pure
  • Totolkan langsung pada area yang mengalami bisul
  • Diamkan paling lama 10 menit, dan langsung bilas dengan air mengalir setelahnya
  • Keringkan menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepuk lembut

Selain dengan langkah tersebut, Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih untuk bisul dengan cara sebagai berikut:

  • Hancurkan 5 siung bawang putih
  • Biarkan selama 10 menit
  • Balut dengan kain tipis, dan peras lembut untuk mengeluarkan ekstraknya
  • Totolkan ekstrak tersebut pada bagian tubuh yang tumbuh bisul
  • Biarkan selama 10 menit, dan bilas dengan air setelahnya.

Kedua cara mengobati bisul dengan bawang putih tersebut dapat Anda lakukan sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup bersih dan sehat, serta pola makan bergizi seimbang.

Pastikan juga Anda melakukan eksfoliasi kulit setidaknya satu kali dalam seminggu, terutama pada area ketiak, selangkangan, wajah, dan bahu. Hal ini dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa kulit mati, sehingga tidak menumpuk dan meningkatkan risiko perkembangan bakteri penyebab bisul.

Jika dalam beberapa hari manfaat bawang putih untuk mengobati bisul belum juga Anda rasakan, segeralah berobat ke dokter. Sebagai langkah awal pengobatan bisul yang tidak kunjung sembuh, Anda dapat melakukan konsultasi lebih lanjut kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar