Sukses

Kesalahan Makan Buah yang Justru Memicu Diabetes

Buah merupakan kudapan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi, Namun, ada beberapa kesalahan saat konsumsi buah yang justru memicu diabetes, Apa saja?

Penyakit diabetes terus menjadi perhatian karena jumlah penderitanya semakin bertambah setiap tahun. Pada tahun 2030, orang dengan kondisi diabetes diperkirakan akan mencapai angka 360 juta jiwa.

Menanggapi hal tersebut, tentunya Anda tentu harus lebih gencar dalam menerapkan gaya hidup sehat. Tidak hanya berolahraga secara rutin dan teratur, tetapi juga harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

Berbicara tentang makanan, salah satu asupan yang baik untuk mencegah diabetes adalah buah. 

Sebab, buah mengandung serat yang tinggi sehingga tubuh dapat kenyang lebih lama tanpa menaikkan kadar glukosa.

Umumnya, asupan buah merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, masih sedikit yang tahu kalau buah juga dapat memicu diabetes jika dikonsumsi dengan cara yang salah. Seperti apa kebiasaan makan buah yang salah?

1 dari 4 halaman

1. Mengonsumsi Buah kaleng Daripada Buah Segar

Buah kaleng biasanya mengandung gula tambahan yang sangat tinggi. Apabila dikonsumsi dalam jumlah tidak tepat dan berkelanjutan, risiko diabetes dapat meningkat.

Selain itu, di dalam buah kalengan pun terdapat zat pengawet. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh secara terus-menerus, bukan tidak mungkin risiko kesehatan yang buruk akan terjadi.

2. Jus Buah

Jus buah yang dijual di pasaran umumnya memiliki kadar gula yang tinggi. Kadar gula ini berasal dari sirup jagung yang berperan sebagai pemanis di dalam jus buah. 

Sebuah penelitian menyimpulkan, mereka yang mengonsumsi jus buah mengandung pemanis berisiko lebih tinggi mengalami diabetes dibandingkan yang mengonsumsi buah segar.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

2 dari 4 halaman

3. Salad Buah dengan Tambahan Mayones

Tidak ada yang salah dengan salad buah. Namun, Anda perlu berpikir dua kali apabila ingin menambahkan mayones dalam penyajiannya. 

Pasalnya, mayones mengandung lemak yang tinggi. Di dalam tubuh, lemak akan diubah menjadi gula sederhana. 

Saat dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, kandungan lemak tersebut dapat menyebabkan kegemukan sekaligus peningkatan risiko diabetes. Kandungan lemak yang tinggi juga tidak baik untuk kesehatan jantung serta kadar kolesterol tubuh.

4. Manisan Buah

Terlalu banyak mengonsumsi manisan buah juga tidak baik untuk kesehatan. Alasannya, karena manisan buah memiliki kandungan gula yang tinggi. 

Tak hanya itu, jajanan manisan dengan buah biasanya juga diawetkan. Manisan buah yang mengandung banyak gula sejatinya tidak baik dikonsumsi penderita diabetes. 

Artikel Lainnya: 12 Jenis Diabetes Melitus yang Mungkin Mengintai Anda

3 dari 4 halaman

5. Asinan Buah

Kesalahan makanan makan buah yang lain adalah mengolahnya sebagai asinan. Layaknya manisan, asinan buah juga mengandung kadar gula serta garam yang tinggi. 

Meskipun asinan mengandung berbagai jenis buah kaya serat, tetapi kandungan garam dan gula yang berlebihan membuat sajian ini kurang baik untuk kesehatan.  

Selain kadar gula, kadar garam tinggi juga tidak baik untuk penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Itu dia beberapa kesalahan makan buah yang harus dihindari. Konsumsi buah memang baik, tetapi Anda harus tahu bagaimana cara mengonsumsi yang benar. 

Jangan sampai kebiasaan makan buah yang seharusnya mendatangkan manfaat sehat, malah memicu atau memperparah penyakit diabetes. 

Apabila ingin tahu lebih lanjut tentang penyakit diabetes atau manfaat makan buah, baca terus artikel kesehatan di aplikasi Klikdokter. Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter di Live Chat 24 Jam. 

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar