Sukses

Awas, Merasa Insomnia Juga Bisa Merusak Kesehatan!

Jangan buru-buru merasa insomnia, karena kesulitan tidur tidak selalu berkaitan dengan gangguan tersebut, lho!

Klikdokter.com, Jakarta Pada dasarnya, sulit untuk menentukan ukuran tidur normal karena kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda. Hal itu juga dipengaruhi oleh usia, gaya hidup, lingkungan, dan pola makan. Namun sayangnya, tak semua orang mengerti tentang ini. Alhasil, mereka sering terburu-buru mendiagnosis diri mereka sebagai penderita insomnia, bahkan tanpa ke dokter.

Banyak orang yang menganggap sulit tidur sebagai gejala dari insomnia. Faktanya tidaklah selalu demikian.  

“Bila Anda merasa yakin mengidap insomnia, hal ini bisa memicu kekhawatiran dalam diri Anda,” kata Dr. Kenneth Lichstein dari Sleep Research Project di Universitas Alabama.

Identitas insomnia dan memburuknya kesehatan

Lichstein meninjau beberapa penelitian yang membahas “identitas insomnia”, yaitu sekelompok kecil orang yang percaya bahwa mereka menderita insomnia, meskipun sebenarnya tidak mengalami tidur yang buruk.

Temuan itu mengungkapkan bahwa mereka yang merasa insomnia, lebih banyak mengalami masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan kecemasan. Tak disangka, bukan? 

Sementara itu, beberapa orang yang kurang tidur namun tidak begitu yakin menderita insomnia mengalami sedikit masalah kesehatan.

Sulit tidur karena stres

Kajian tentang insomnia juga didalami oleh Jennifer L. Martin, PhD, seorang profesor kedokteran di Universitas California, Los Angeles. Ia menegaskan bahwa kualitas tidur malam yang buruk juga bisa terjadi jika Anda sedang stres. Dan ini tidak selalu berarti insomnia.

“Tidur tidak nyenyak berbeda dengan gangguan insomnia secara klinis. Jika tidur tidak nyenyak berlangsung lebih dari tiga bulan, terjadi tiga kali dalam seminggu dan memengaruhi aktivitas Anda di siang hari, ini baru gangguan insomnia kronis,” ungkap Martin.

Mulai saat ini, Anda harus bisa membedakan apakah Anda “hanya” sulit tidur atau menderita insomnia. Karena jika Anda terlalu memikirkan penyakit yang (sebenarnya tidak) Anda derita, penelitian membuktikan bahwa kesehatan Anda bisa makin memburuk.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar