Tips Parenting

Rangsang Kreativitas Anak Lewat Lego

dr. Dyah Novita Anggraini, 05 Nov 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Permainan Lego cukup banyak diminati oleh anak-anak. Ternyata, permainan ini juga dapat membantu merangsang kreativitas anak, lho!

Rangsang Kreativitas Anak Lewat Lego

Bermain tak bisa dilepaskan dari kehidupan anak-anak. Melalui bermain, si kecil bisa mengembangkan beragam kecerdasan, seperti  sensorik, motorik, hingga kreativitas. Nah, ketiganya bisa ditemukan dalam permainan Lego.

Sejak kemunculannya pada 1940, Lego memang telah menjadi sebuah fenomena yang mendunia di bidang mainan edukasi anak-anak.

Mainan asal Denmark ini merupakan sekumpulan balok plastik kecil yang bisa disusun sedemikian rupa, menjadi berbagai bentuk.

Mainan ini tergolong constructive play, yaitu pola bermain dengan memanipulasi benda-benda untuk membuat sesuatu yang baru.

Anda yang sedang mencari cara merangsang kreativitas anak pun tak perlu bingung lagi. Selain hal kreativitas, masih banyak manfaat Lego bagi anak. Berikut ulasannya.

1. Mendorong Keinginan untuk Bermain

Anda mungkin menemukan beragam mainan konstruksi kreatif untuk anak. Namun, mainan-mainan tersebut mungkin membutuhkan perlengkapan lain, seperti lem, cat warna, dan gunting.

Hal ini tentu membutuhkan waktu lama dan upaya ekstra hingga anak berhasil membuatnya. Nah, tidak demikian dengan Lego.

Mainan ini relatif mudah disusun, dilepas, serta dibangun kembali sesuai kreativitas dan kemampuan si kecil.

Manfaat Lego pun akan membuat anak menjadi lebih percaya diri dan termotivasi untuk mencoba hal-hal baru.

Artikel Lainnya: 4 Hal yang Menghambat Kreativitas Anak

2. Memberi Ruang dan Keberanian untuk Bereksplorasi

Agar kreativitas anak terasah, sebuah mainan harus bisa memberikan banyak kemungkinan. Jika hanya sedikit yang bisa didapat dari sebuah mainan, ketertarikan anak akan berkurang. Si kecil tidak dapat melakukan hal baru dari mainan itu.

Namun, Lego memiliki banyak ukuran, warna, bentuk, dan fungsi, sehingga anak bisa bereksplorasi.

Imajinasi anak menjadi tidak terbatas, karena mereka bebas membuat bentuk apa pun dengan kepingan-kepingan Lego.

Dalam situasi ini tidak ada benar atau salah. Si kecil pun bisa bebas bereksperimen tanpa takut gagal. Tak salah kalau Anda menganggap permainan ini sebagai cara merangsang kreativitas anak yang menyenangkan.

Artikel Lainnya: Manfaat Coret-Coret Dinding Bagi Anak

3. Memberikan Ide dan Berbagai Kemungkinannya

Pada dasarnya, anak ingin menyalurkan imajinasinya. Akan tetapi, anak adalah makhluk yang sangat visual, sehingga perlu melihat sesuatu terlebih dulu agar punya ide untuk mewujudkan imajinasinya.

Lego bersifat tiga dimensi, sehingga tampak nyata. Ini membuat anak memiliki bayangan tentang apa yang bisa dibangun, sesuai imajinasinya.

4. Merangsang Motorik Halus

Selain merangsang kreativitas, lego juga mengasah kemampuan motorik halus, terutama pada anak balita. Melalui Lego, anak belajar menghubungkan balok-balok yang berbeda bentuk dan ukuran.

Tentunya, membutuhkan tekanan yang berbeda ketika anak mencoba menghubungkan balok besar dengan balok kecil.

Hal ini menjadi latihan yang baik bagi jari-jari anak agar terampil menulis, membuat prakarya, dan mengenakan pakaian sendiri kelak.

5. Mengajarkan Anak untuk Berpikir Matematis

Manfaat Lego untuk anak berikutnya adalah melatih untuk berpikir matematis. Bermain Lego dapat membantu si kecil memecahkan masalah dan menjadi detail terhadap perbedaan.

Artikel Lainnya: Punya Banyak Mainan Bikin Anak Tidak Kreatif?

6. Mengembangkan Ketekunan Anak

Saat merakit kepingan balok, anak diajar untuk tekun dan gigih saat membuat banguan Lego.

Terutama saat mengikuti detail bangunan yang rumit. Selain ketekunan, si kecil juga belajar fokus pada apa yang sedang dikerjakan.

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Hasil bangunan Lego yang sudah selesai, mampu memupuk rasa percaya diri anak. Dia akan bangga pada hasil pekerjaannya dan menunjukkan kepada orang lain.

8. Merangsang Kemampuan Analisis Anak

Membuat Lego mampu mengasah daya analisis anak. Saat hasilnya kurang bagus, si kecil dapat membuat analisis dan memperbaiki bentuknya menjadi lebih sempurna.

Bagi Anda yang sedang mencari permainan untuk anak yang bermanfaat, Lego bisa menjadi salah satu alternatif yang baik. Sambil menemaninya, Anda bisa memberikan saran dan motivasi agar hasilnya semakin baik.

Ayah-Bunda, memanfaatkan fitur Cari Tahu Bakat si Kecil dari Klikdokter untuk bantu mengembangkan kecerdasan majemuk anak.

(HNS/AYU)

Lego

Konsultasi Dokter Terkait