HomeInfo SehatGigi MulutCara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah
Gigi Mulut

Cara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah

drg. Callista Argentina, 12 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Memutihkan gigi ternyata bisa dilakukan di rumah, tak harus ke dokter gigi. Ingin tahu cara mudah memutihkan gigi? Simak informasinya berikut ini.

Cara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah

Gigi yang putih tidak selalu berarti sehat. Kriteria gigi yang sehat adalah gigi yang utuh, tidak memiliki lubang gigi, serta dibalut dengan gusi berwarna merah muda, bebas plak dan karang gigi. 

Namun, karena maraknya tren veneer gigi, hal ini membuat banyak orang ingin mengikutinya. Apalagi ditambah dengan makin mudahnya mendapatkan informasi berupa tutorial memutihkan gigi di rumah melalui internet.

Beberapa di antara informasi tersebut memang fakta, namun tak sedikit juga yang hoaks. Karena itu, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang memutihkan gigi ini. 

Apalagi, jika Anda melakukan prosedur memutihkan gigi di rumah dengan bahan-bahan yang belum terbukti efektif secara medis, maka bisa saja menimbulkan komplikasi berupa kerusakan gigi maupun gusi.

Yuk, baca cara-cara memutihkan gigi di rumah yang mudah dan aman berikut ini: 

1. Pasta Gigi Pemutih

Pasta gigi pemutih memang mengandung bahan yang bisa membuat gigi seolah-olah lebih putih. Namun faktanya, pasta gigi tidak benar-benar memutihkan gigi atau mengubah warna aslinya.

Pasta gigi pemutih bekerja dengan cara memoles permukaan gigi untuk membersihkan noda-noda penyebab gigi kuning.

Bahan ini hanya membersihkan dari permukaan luar saja. Itu sebabnya, efek perubahan warna gigi membutuhkan waktu lebih lama hingga benar-benar terlihat hasilnya.

Menurut The Journal of the American Dental Association, bahan ini mengandung bahan abrasive seperti hydrated silica, perlite dan alumina, serta deterjen yang lebih tinggi dibanding pasta gigi biasa.

Bahan abrasif ini berfungsi untuk merontokkan kotoran yang menempel di permukaan gigi. Namun, hati-hati, jika digunakan berlebihan bisa mengikis permukaan email gigi.

Jangan lupa untuk memilih pasta gigi berpemutih yang sudah tersertifikasi organisasi yang tepercaya agar terhindar dari efek samping.

Artikel lainnya: Manfaat Kulit Pisang untuk Memutihkan Gigi, Mitos atau Fakta?

2. Memutihkan Gigi dengan Tray Khusus

Pemutihan gigi dengan tray khusus termasuk salah satu cara yang paling efektif dan aman dalam memutihkan gigi. Walaupun pengerjaannya bisa dilakukan di rumah, tray dibuat dan diawasi oleh dokter gigi.

Bahan gel pemutih gigi ini mengandung 10-20 persen karbamid peroksida atau 4-8 persen hidrogen peroksida. Kadar ini cukup tinggi untuk perawatan di rumah. 

Tray khusus bentuknya dibuat sesuai dengan lekuk gigi masing-masing individu. Tujuannya untuk menjaga agar gel tidak keluar dari tray dan gusi di sekitarnya akan terhindar dari risiko iritasi.

Lakukan metode ini selama 2-8 jam di siang hari atau selama tidur malam dalam waktu 2-6 minggu.

Tray khusus juga efektif untuk menghilangkan noda gigi yang muncul akibat penuaan, fluorosis ringan, trauma gigi, perubahan warna gigi akibat faktor keturunan, dan antibiotik tetrasiklin.

3. Strip Pemutih Gigi

Menggunakan strip pemutih gigi bisa menjadi salah satu cara memutihkan gigi di rumah yang mudah. 

Ini terdiri atas strip dari plastik yang dioles gel hidrogen atau karbamid peroksida 3,5-14 persen. Alat ini dibentuk sesuai dengan lekuk permukaan gigi. Gel di dalam strip pemutih gigi ini lebih sedikit dibandingkan tray pemutih gigi. 

Jumlah hidrogen peroksida yang sedikit ini berguna supaya ludah yang bercampur tidak mengalir terlalu banyak. Risiko iritasi di gusi dan sekitarnya pun bisa diminimalkan. 

Strip pemutih gigi ini digunakan 1-2 kali sehari selama 30 menit selama 14 hari, sesuai dari petunjuk pemakaian produk. Efek putih pada gigi mulai bisa tampak dalam beberapa hari.

Strip pemutih gigi bisa dibilang efektif untuk memutihkan gigi, meski kurang efisien jika dibandingkan tray khusus. Efek samping yang dapat timbul, antara lain gigi menjadi lebih sensitif dan ngilu.

4. Gel Pemutih Gigi dengan Kuas

Bahan pemutih gigi berbentuk gel ini juga mengandung hidrogen peroksida atau karbamid peroksida. Cara penggunaannya dengan kuas kecil yang dioleskan ke permukaan gigi.

Lakukan 2-3 kali sehari selama 14 hari. Setelah dioles, Anda dianjurkan untuk membiarkannya 30 detik sampai gel kering, baru boleh menutup mulut.

Berdasarkan Brazilian Dental Journal, tindakan memutihkan gigi dengan gel pemutih bisa dilakukan di rumah ataupun dokter gigi. Pada beberapa orang, efek pemutihan gigi akan mulai memudar setelah 6 bulan.

Pemakaian gel pemutih 3 kali sehari lebih efektif memutihkan gigi dibanding 2 kali. Kadar bahan hidrogen yang lebih tinggi akan lebih efektif pula dalam memutihkan gigi. Namun, gel pemutih gigi ini kurang efektif dibandingkan dengan strip pemutih gigi.

Artikel lainnya: Memutihkan Gigi Menggunakan Stroberi Malah Bikin Gigi Ngilu?

5. Memutihkan Gigi dengan Larutan Kumur

Cara lainnya untuk memutihkan gigi dengan mudah di rumah adalah menggunakan larutan kumur. Bahan ini mengandung hidrogen peroksida.

Kandungan oksigen di dalamnya dapat bereaksi dengan zat kromogen, yaitu zat yang memicu perubahan warna gigi. 

Cara penggunaannya bisa disesuaikan dengan petunjuk pabrik, yakni 2 kali sehari selama 60 detik. Dalam waktu kurang lebih 3 bulan, mulai dapat terlihat perubahan warnanya.

6. Mengurangi Asupan Kopi dan Teh

Membatasi minum kopi dan teh setiap hari dapat mencegah warna gigi Anda terlihat kusam.

Usahakan untuk selalu membilas gigi dengan air putih usai minum kopi dan teh. Meski sederhana, cara ini mampu membantu mempertahankan warna gigi agar tidak bertambah kuning.

7. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Asap rokok bisa menimbulkan gangguan pada gigi dan mulut, seperti luka di mulut, kanker mulut, penyakit periodontal, perubahan warna gigi sampai gigi goyang. Namun, efek yang paling terlihat dan cepat terjadi adalah perubahan warna gigi.

Perubahan warna gigi ini akibat noda dari kandungan tembakaunya. Warna gigi akan berubah semakin pekat tergantung dari durasi dan seringnya merokok.

Artikel lainnya: Pemutihan Gigi dengan Laser, Apakah Efektif?

8. Mengonsumsi Buah-buahan

Cara memutihkan gigi secara alami bisa dilakukan dengan konsumsi buah-buahan, lho. 

Mengonsumsi buah-buahan yang berserat dan berair dapat membersihkan sekaligus menggosok permukaan gigi. Hal ini disebabkan karena dengan mengonsumsi buah-buahan berserat, produksi air liur akan meningkat. 

Air liur ini berfungsi sebagai self cleansing. Daya self cleansing tersebut dapat membersihkan leher gigi dari plak serta bakteri yang bisa membuat gigi terlihat kuning.

9. Menambahkan Baking Soda pada Pasta Gigi

Anda mungkin pernah dengar bahwa baking soda bisa menjadi cara untuk memutihkan gigi di rumah.

Baking soda memang memiliki khasiat sebagai pemutih alami, sehingga banyak juga terdapat di dalam kandungan pasta gigi. 

Di luar itu, menggunakan baking soda yang dicampur dengan pasta gigi membutuhkan waktu lama untuk memutihkan gigi. Dan, penggunaan baking soda ini tidak boleh terlalu sering karena malah bisa merusak lapisan enamel gigi. 

Itulah beberapa cara memutihkan gigi di rumah yang mudah serta aman. Bila Anda ingin memutihkan gigi dengan menggunakan bahan-bahan di atas, sebaiknya konsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi agar terhindar dari komplikasi yang tidak diinginkan.

Chat langsung dengan dokter seputar masalah gigi dan mulut lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

Gigimemutihkan gigi

Konsultasi Dokter Terkait