Sukses

Cara Menangani Diare pada ODHA

Diare pada Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) berbeda dengan diare biasa. Bagaimana penanganannya? Ketahui cara mengatasi diare pada ODHA di sini.

Menurut World Health Organization (WHO), diare adalah suatu penyakit yang ditandai dengan perubahan bentuk dan konsistensi tinja yang lunak sampai cair. Selain itu, frekuensi buang air besar bertambah menjadi tiga kali atau lebih dalam sehari.

Penyebabnya bisa banyak hal, seperti virus, bakteri, atau efek samping dari obat tertentu. Keluhan diare bisa ditemukan pada segala usia, tapi kelompok tertentu diketahui lebih rentan. Salah satunya orang dengan HIV/AIDS atau kerap disebut ODHA.

HIV atau Human Immunodeficiency Virus menyerang kekebalan tubuh manusia yang selanjutnya menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi. Pada tahap lanjut, kondisi ini akan berkembang menjadi AIDS, ketika kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah tidak ada lagi.

ODHA yang imun tubuhnya melemah sering mengeluhkan diare. Kondisi ini dapat memicu dehidrasi, malnutrisi, bahkan kegagalan efek obat karena gangguan penyerapan. Lantas, bagaimana cara menangani diare pada ODHA? Berikut cara mengatasi diare pada ODHA berdasarkan penyebabnya.

1 dari 4 halaman

1. Efek Samping Obat

Diare dapat terjadi karena efek samping obat tertentu. Terutama pada ODHA, obat yang pada orang sehat tidak menyebabkan gejala pencernaan, bisa saja memicu gangguan pencernaan pada kelompok ini.

Artikel lainnya: Beda Diare Gejala HIV dan Diare Biasa

Jika memang diare sangat mengganggu hingga menyebabkan gejala serius, pertimbangkan jika harus mengubah obat untuk mengurangi diare. Konsultasikan dengan dokter yang merawat.

 

2 dari 4 halaman

2. Infeksi Usus

Gangguan pencernaan karena infeksi pada usus dapat menyebabkan diare. Pada ODHA, berbagai sistem kekebalan tubuh akan melemah, termasuk yang ada pada lapisan pelindung saluran pencernaan.

Jika memang infeksi usus adalah pemicu utamanya, Anda memerlukan tes lebih lanjut, seperti tes feses. Cara mengatasi diare pada ODHA ini bertujuan untuk mengetahui penyebab infeksi pada usus. Dokter pun dapat menangani sesuai dengan jenis mikroorganismenya.

 

3 dari 4 halaman

3. Makanan Tertentu

Orang dengan HIV/AIDS sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih makanan. Kurangi makanan berlemak. Sebab, lemak tidak dapat diserap secara baik dalam saluran pencernaan. Alhasil, lemak malah menumpuk di usus besar dan meningkatkan perkembangbiakan bakteri.

Untuk dapat mengetahui penyebab diare pada ODHA, dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh. Di samping itu semua, hal yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan cairan. Hal ini penting, agar tubuh dapat terhidrasi dengan baik dalam keadaan diare.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi diare pada ODHA. Jangan sungkan untuk mendiskusikan keadaan dan keluhan Anda dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar penyakit HIV/AIDS, penularan, dan juga penanganan pada ODHA, manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari KlikDokter.

[HNS/JKT]

1 Komentar

  • Steven Orea

    Ingin bermain P0ker 0nline tapi ngga tahu mau main dimana? Ini dia s1tus 0nline game terpercaya, OSG168 Merupakan s1tus 0nline game yang menyediakan banyak g4me menarik. Kamu dapat d4ftar dengan mudah di s1tus OSG168, dep0sit pun murah hanya dengan 10rb. Dapatkan banyak jackp0t dan b0nus setiap ming