Sukses

Cegah Kram Otot di Masa Kehamilan

Anda sering mengalami kram dan bingung bagaimana mencegahnya? Cari tahu cara mengatasinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kram otot adalah suatu kontraksi otot yang tidak dapat dikontrol, dimana otot terasa nyeri. Biasanya kram terjadi di betis, kaki atau keduanya. Selama masa kehamilan, keluhan ini cukup sering terjadi, terutama pada trimester kedua dan ketiga.  Sekitar 30% ibu hamil dapat mengalami hal ini.

Kondisi kram otot juga dapat terjadi di malam hari. Alhasil istirahat pun dapat terganggu dan bisa berujung pada stres karena tidur yang tidak lelap. Gangguan tidur selama kehamilan pun dilaporkan dapat meningkatkan durasi proses kelahiran dan meningkatkan risiko operasi.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Berikut beberapa kiat yang bisa Anda coba:

  • Peregangan Otot Betis

Melakukan peregangan otot betis sebelum tidur dapat membantu mencegah timbulnya kram otot di malam hari.

Caranya mudah: berdirilah di depan tembok dan letakkan kedua tangan di tembok. Selanjutnya posisikan salah satu kaki ke arah belakang dan kaki yang lain mendekati tembok.

Secara perlahan tekuk kaki yang ada di dekat tembok, sementara kaki yang dibelakang tetap lurus dan menyentuh lantai. Tahan selama 30 detik. Ulangi pada kaki yang berbeda.

  • Minum yang Cukup

Menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dapat mencegah terjadinya kram. Untuk mengetahui apakah air yang Anda minum sudah cukup atau belum, cukup perhatikan warna urine.

Apabila urine Anda terlihat bening dan sedikit kuning, maka asupan cairan Anda sudah cukup. Apabila warnanya kuning pekat, maka Anda kurang minum air putih.

  • Suplemen Magnesium

Konsumsi suplemen yang mengandung magnesium dipercaya dapat mencegah terjadinya kram otot selama kehamilan. Meski demikian, belum banyak penelitian mengenai hal ini.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum mengonsumsi suplemen magnesium.

Bagaimana, tidak sulit bukan? Kiat-kiat di atas dapat membantu Anda terbebas dari kram otot selama masa kehamilan dan tentunya terus bersemangat sepanjang hari. Bagi ibu hamil yang masih bekerja, lakukan kiat di atas untuk membantu Anda agar terus semangat dan maju mencapai prestasi di kantor.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar