Sukses

Efektifkah Daun Rosemary untuk Tangani Pegal?

Selama ini, kebanyakan orang mengenal daun rosemary sebagai tanaman herba. Tahukah Anda bahwa daun ini juga bisa mengatasi pegal?

Klikdokter.com, Jakarta Daun rosemary yang memiliki nama asli Rosmarinus officinalis L. merupakan tanaman herba yang telah lama digunakan sebagai antioksidan dan mengurangi nyeri perut. Selain itu, ternyata daun ini juga bermanfaat untuk mengatasi pegal.

Efek antioksidan dan efek anti inflamasi yang dimiliki daun rosemary ini mampu mengurangi senyawa-senyawa yang merangsang rasa sakit dan juga peradangan.

Pada nyeri sendi yang disebabkan oleh peradangan, baik karena penyakit atau cedera, daun rosemary dalam bentuk minyak dapat diaplikasikan pada sendi yang mengalami nyeri. Mengusapkan minyak daun rosemary pada bagian tubuh yang pegal karena kaku otot dapat membantu meredakan pegal tersebut.

Selain itu, rosemary juga memiliki efek relaksasi yang tidak hanya bermanfaat bagi otot di tubuh saja, melainkan juga bagi otot pernafasan dan otot halus yang ada di usus manusia.

Selain diusap, ekstrak daun rosemary juga dapat digunakan melalui cara inhalasi, yakni dengan menghirup uap cairan ekstrak. Dengan demikian, kandungan yang terdapat pada daun rosemary akan merelaksasi otot pernafasan serta otot halus dalam usus.

Meski dapat mengatasi pegal, daun rosemary dalam bentuk apapun tidak bisa digunakan sebagai pengganti obat atau terapi utama untuk penyakit tertentu. Pada penderita rematik, pengapuran sendi, atau asma, daun rosemary ini hanya berfungsi sebagai pendukung obat utama.

Nah, kini Anda tahu manfaat lain dari daun rosemary selain untuk menambah citarasa masakan. Lakukan kiat di atas agar Anda terbebas dari rasa pegal, sehingga dapat terus semangat dan maju untuk mencapai prestasi.

[NP/ RH]

 

0 Komentar

Belum ada komentar