Sukses

Selain Kopi, Minuman Ini Bisa Atasi Kantuk

Ternyata kopi bukanlah satu-satunya minuman yang dapat mengatasi rasa kantuk. Temukan faktanya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kopi merupakan jenis minuman dengan kandungan kafein terbanyak yang dapat membuat mata Anda tetap terjaga. Dalam 8 ons gelas (setara dengan 220 ml) kopi mengandung 80 mg kafein.

Beberapa produk kopi yang dijual dengan ukuran lebih besar, seperti 16 ons, mengandung 133 mg kafein. Namun, jumlah ini bergantung pada komposisi kopi yang digunakan. Sebagai contoh, salah satu merek kopi terbesar di dunia memiliki kandungan sebesar 400 mg kafein dalam setiap gelas berukuran 20 ons.

Tetapi sebenarnya bukan hanya kopi saja yang memiliki kandungan kafein. Berikut minuman-minuman selain kopi yang mengandung kafein:

  • Soft Drink

Dalam 12 Ons soft drink (minuman bersoda), atau setara dengan 340 ml, terdapat kandungan kafein sekitar 23–69 mg. Bahkan, beberapa minuman bersoda memiliki kandungan kafein mencapai 71 mg. Tetapi tidak semua soft drink mengandung kafein, misalnya root beer dan ginger ale.

  • Teh

Beberapa jenis teh, seperti teh hitam dan teh hijau, juga mengandung kafein.  Satu gelas teh hitam berukuran 8 ons, atau setara dengan 220 ml, mengandung kafein sekitar 47 miligram. Sedangkan, dalam segelas teh hijau berukuran 8 ons, mengandung sekitar 25 miligram kafein.

  • Cokelat

Cokelat batangan mengandung jumlah kafein yang cukup besar. Secara umum, semakin banyak jumlah kokoa yang digunakan, maka kafein yang terkandung di dalamnya akan semakin besar.

Cokelat batangan seberat 162 gram dengan bahan 45–59% kakao, mengandung sekitar 70 miligram kafein. Begitu juga saat cokelat diolah menjadi minuman, kafein dalam si manis yang memiliki banyak penggemar ini tetap ada.

Meskipun beberapa jenis minuman di atas memiliki jumlah kafein yang tidak kalah jauh dengan kopi, Anda juga harus memerhatikan jumlah kalori yang terkandung di dalamnya.

Soft drink dan cokelat mengandung kalori yang jauh lebih besar dan berbahaya dibandingkan dengan kopi. Oleh sebab itu, jika ingin menghindari kalori tinggi, pilihlah teh sebagai minuman pengganti kopi untuk atasi rasa kantuk.

Pastikan Anda memilih jenis minuman yang tepat agar kantuk hilang tanpa mengganggu kesehatan. Dengan bebas dari rasa kantuk, Anda akan lebih semangat dalam terus maju menggapai prestasi.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar