Sukses

Baca Ini Sebelum Konsumsi Multivitamin

Banyak produk multivitamin yang beredar di pasaran. Tapi tahukah Anda kandungan multivitamin beserta manfaatnya?

Klikdokter.com, Jakarta Menurut sebuah penelitian di Amerika, kalsium, vitamin D, serat, dan potasium merupakan zat yang sering kali kurang dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Padahal, kini sudah tersedia multivitamin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan akan zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh, termasuk vitamin.

Manfaat lainnya dari konsumsi vitamin itu sendiri adalah mengurangi risiko penyakit kronis, seperti osteoporosis. Bahkan konsumsi rutin kalsium dan vitamin D dapat mengurangi risiko osteoporosis pada wanita. Meski demikian, multivitamin tidak bisa dikonsumsi sebagai pengganti makanan sehat.

Dewasa ini, banyak orang hanya mengonsumsi multivitamin untuk menjalankan program diet. Padahal, diet yang sehat tetap membutuhkan sumber terbaik vitamin, mineral, dan nutrisi yang berasal dari buah serta sayuran.

Nah, sebelum Anda mengonsumsi multivitamin, berikut ini adalah hal–hal yang perlu diperhatikan:

  • Baca label dengan teliti. Pada label produk terdapat jenis nutrisi dan jumlah yang terkandung dalam setiap takaran saji. Pastikan multivitamin pilihan Anda mengandung vitamin dan mineral dasar.

Sebagian besar multivitamin mengandung beberapa jenis vitamin dan mineral sebagai berikut:  vitamin C, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6, asam folat, B12, B5, biotin, A, E, D2 atau D3, K , potasium, selenium, zinc, kalsium, magnesium, dan zat besi.

  • Lihat nutrisi tambahan yang didapat. Beberapa multivitamin juga dilengkapi dengan nutrisi tambahan untuk kebutuhan tertentu. Contohnya, zat besi untuk mengatasi anemia dan antioksidan untuk mengurangi peradangan.
  • Pilih jenis multivitamin yang sesuai dengan jenis kelamin dan umur. Untuk wanita, biasanya multivitamin yang ada akan diberikan tambahan asam folat untuk mencegah terjadinya kelainan bawaan saat hamil.

Bagi Anda yang berusia diatas 50, karena kemampuan untuk mencerna makanan sudah berkurang, maka vitamin sintetik seperti B12 dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin.

Multivitamin memang baik untuk dikonsumsi. Tetapi Anda tidak boleh lupa bahwa sumber vitamin, mineral, dan nutrisi terbaik tetap didapatkan dari makanan-makanan yang sehat seperti buah dan sayuran. Yuk, lengkapi kebutuhan vitamin harian Anda agar dapat terus semangat mencapai prestasi!

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar