Sukses

5 Cara Mudah yang Ampuh untuk Mengatasi Migrain

Anda dapat meredakan migrain dengan beberapa cara alami berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Migrain adalah sakit kepala yang terjadi di satu sisi kepala. Sakit kepala karena migrain terasa seperti berdenyut dengan tingkat sedang hingga parah. Menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang terbit pada tahun 2014, migrain paling banyak menyerang orang usia 35-45 tahun.

Selain itu, migrain tiga kali lebih sering terjadi pada wanita daripada laki-laki. Meski demikian, migrain juga dapat mengganggu aktivitas banyak orang muda, termasuk anak-anak.

Migrain dapat muncul karena berbagai faktor risiko. Pemicu migrain yang paling umum yaitu stres, tidur tidak teratur, konsumsi alkohol dan kafein, serta dehidrasi.

Nah, untuk mengatasi migrain, Anda bisa menerapkan beberapa cara mudah dan alami berikut ini, seperti dikutip dari Prevention dan WebMD:

  1. Pengendalian stres

Kejadian hidup yang meningkatkan stres, kecemasan, dan depresi telah dikaitkan dengan migrain kronis dan sakit kepala lainnya. Studi menunjukkan bahwa kombinasi antara manajemen stres dan beberapa obat antidepresan (dengan resep dari psikiater) mengurangi sakit kepala. Kombinasi tersebut juga dapat mengurangi penggunaan obat nyeri.

  1. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik kuno dari Tiongkok. Dalam teknik ini, jarum-jarum yang sangat halus ditusukkan ke titik-titik tertentu di tubuh Anda. Praktisi mengatakan bahwa hal itu membantu mengurangi sakit kepala. Akupunktur membuat tubuh lebih mampu melawan penyakit dengan mengoreksi ketidakseimbangan energi.

  1. Pijat

Percobaan klinis belum menunjukkan bukti meyakinkan bahwa pijat dapat mengobati sakit kepala. Namun, pijat merupakan cara yang bagus untuk mengurangi stres dan meredakan ketegangan. Bagi beberapa orang, pijat bisa meredakan sakit kepala akibat ketegangan otot.

  1. Aromaterapi

Wangi-wangian yang ditimbulkan dari minyak esensial dapat membuat tubuh rileks, dan mengubah cara Anda merasakan sakit. Banyak orang mengungkapkan bahwa wangi lavender, jahe, dan pepermin dapat membantu meredakan migrain.

  1. Perubahan diet

Makanan tertentu, seperti cokelat, keju, dan anggur merah dapat memicu sakit kepala bagi sebagian orang. Jika mengalami sakit kepala karena makanan tersebut, Anda perlu menghindarinya. Anda bisa mulai dengan membuat catatan harian yang berisi tentang kebiasaan makan dan gejala sakit kepala.

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa penurunan migrain terjadi saat orang mengonsumsi lebih sedikit lemak. Sedangkan penelitian lain menunjukkan bahwa menambahkan asam lemak omega-3 ke dalam menu makan harian dapat membantu meredakan migrain.

Namun, yang terpenting dari semua itu adalah makan dengan pola seimbang. Selain itu, hindari telat makan atau tidak makan sama sekali, karena dapat memicu serangan migrain.

Beberapa orang mengalami mual, muntah, dan sensitif terhadap suara atau cahaya selama serangan migrain. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menerapkan beberapa cara di atas untuk mengatasi migrain. Selamat mencoba.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar