Sukses

5 Cara Sederhana yang Efektif Atasi Sakit Kepala

Tidak repot, ternyata cara sederhana ini mampu mengusir keluhan sakit kepala yang Anda alami.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala merupakan keluhan yang sering dirasakan banyak orang. Hal-hal yang dapat menyebabkan kondisi ini sangat bervariasi, mulai dari gangguan otot, pembuluh darah otak, atau lainnya.

Karena penyebabnya yang bervariasi, cara untuk mengatasi sakit kepala juga sangat beragam. Berikut beberapa cara sederhana yang efektif atasi sakit kepala:

  1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat diaplikasikan pada daerah dahi untuk mengurangi rasa nyeri. Jenis terapi ini memberikan efek baal, dan membuat kepala Anda tidak sakit.

Meski sementara, namun efek yang ditimbulkan kompres dingin efektif mengurangi rasa sakit kepala yang Anda rasakan. Selain meredakan sakit kepala, terapi ini juga efektif untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan di daerah kepala.

  1. Kompres hangat

Jika Anda terkena sakit kepala akibat otot tegang (tension headache), maka yang Anda butuhkan adalah kompres hangat. Terapi ini dapat meningkatkan aliran darah ke daerah yang sakit, dan melemaskan otot yang tegang.

  1. Menghirup udara segar

Migrain dapat diatasi dengan menghirup udara segar di lingkungan yang bersih dan tenang selama beberapa menit.   

  1. Istirahatlah yang cukup

Salah satu penyebab sakit kepala adalah stres dan kurangnya istirahat. Karena itu, sebaiknya Anda tidak bekerja lembur dan mengabaikan waktu istirahat Anda yang berharga.

  1. Hindari pencetus sakit kepala

Buatlah sebuah catatan mengenai sakit kepala yang Anda alami. Catat waktu dan segala hal yang berhubungan keluhan, agar nantinya Anda mendapatkan pola sakit kepala serta bagaimana cara untuk menghindari atau mengatasinya.

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara mengatasi serangan sakit kepala, bukan? Tetap ingat untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, jauhi rokok dan alkohol, serta rutin berolahraga.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar