Sukses

Penyebab Kulit Kering yang Mesti Anda Waspadai

Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kulit kering. Kenali dan waspadai, agar penampilan dan rasa percaya diri Anda senantiasa terjaga.

Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang terhidrasi optimal sehingga terhindar dari kekeringan.

Bagaimana tidak, kondisi kulit yang kering bisa mengganggu kualitas penampilan, hingga dapat menurunkan rasa percaya diri.

Kulit kering juga sering menimbulkan keluhan, misalnya gatal dan perih. Kondisi kulit yang demikian dapat pula menurun fungsinya sebagai pelindung terluar tubuh.

Anda tentu tidak ingin memiliki kulit kering, bukan? Jika memang demikian, berikut ini berbagai penyebab kulit kering yang mesti Anda waspadai:

1 dari 12 halaman

1. Jenis Kulit

Jenis kulit manusia memang berbeda-beda; ada yang cenderung kering, berminyak, sensitif, normal, dan lainnya.

Jadi, salah satu alasan kenapa kulit kering adalah karena faktor genetik.

Jika Anda termasuk orang yang terlahir dengan kulit kering, sebaiknya taruh perhatian khusus dalam merawatnya agar kelembapan kulit senantiasa terjaga.

2 dari 12 halaman

2. Cuaca

Cuaca dapat memengaruhi kondisi kulit Anda. Faktanya, kulit cenderung menjadi lebih kering saat cuaca dingin dan kelembapan udara berkurang.

Karena itu, jika cuaca sedang dingin dan kering, berikanlah perhatian lebih pada kulit agar hidrasinya tetap terjaga sehingga tidak terjadi kekeringan.

Artikel Lainnya: Kiat Memilih Kosmetik untuk Kulit Kering

3 dari 12 halaman

3. Kebiasaan Mandi

Mandi berlama-lama dapat menjadi penyebab kulit kering. Risiko ini bisa meningkat berkali lipat apabila Anda mandi menggunakan air panas.

Guna menghindari hal tersebut, batasi durasi mandi dan hindari menggunakan air yang terlalu panas.

4 dari 12 halaman

4. Tidak Merawat Kulit

Salah satu penyebab kulit kering dan bersisik adalah karena faktor gaya hidup. Misalnya, jarang merawat kulit.

Pada dasarnya, kulit yang kenyal dan lembap dapat diwujudkan dengan perawatan yang baik. Contohnya, dengan menggunakan losion, body oil, body butter, ataupun jenis pelembap lainnya.

5 dari 12 halaman

5. Penggunaan Pelembap secara Berlebihan

Para ahli dermatologi menduga, penggunaan pelembap secara berlebihan dapat membuat kulit bergantung pada bantuan dari luar tubuh.

Mengoleskan pelembap berlebihan dapat membuat kulit “berpikir” bahwa lingkungan yang sebenarnya tidaklah kering, sehingga tidak perlu meningkatkan produksi air, lipid, dan protein.

Atas dasar itu, hindari penggunaan pelembap sepanjang hari. Jika ingin mengaplikasikan pelembap, waktu yang terbaik adalah pada malam hari. Pasalnya, tingkat hidrasi kulit cenderung menurun pada malam hari.

Artikel Lainnya: Manfaat Hydrating Toner untuk Kulit Kering

6 dari 12 halaman

6. Jarang Eksfoliasi

Agar kulit tidak kering atau lebih lembap, tindakan pengelupasan sel kulit mati (eksfoliasi) juga dapat sangat membantu.

Seiring bertambahnya usia, perkembangan sel di kulit akan melambat sehingga menyebabkan banyak sel kulit mati. Nah, jika tidak dibersihkan, sel kulit mati dapat membuat kulit tampak kering.

Oleh karena itu, sering melewatkan perawatan yang satu ini bisa menjadi salah satu penyebab kulit kering.

7 dari 12 halaman

7. Kurang Minum

Kondisi kulit yang kering bisa dipicu oleh kurang minum air putih. Padahal kecukupan cairan dalam tubuh itu penting agar kulit tetap terhidrasi. Kulit yang terhidrasi pastinya akan lebih lembap dan kenyal.

Secara umum, Anda disarankan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya. Jika kulit tetap kering, mungkin Anda perlu minum lebih banyak lagi.

8 dari 12 halaman

8. Penggunaan Produk yang Salah pada Kulit

Berbagai produk yang digunakan sehari-hari ternyata dapat menjadi penyebab kulit kering.

Guna mencegah hal tersebut, beri perhatian khusus pada sampo, sabun, losion, dan detergen yang Anda gunakan. Terkadang, produk yang terlalu “keras” malah dapat mengakibatkan kulit kering.

Artikel Lainnya: Kulit Tangan Kering Karena Sering Pakai Hand Sanitizer, Atasi, yuk!

9 dari 12 halaman

9. Dermatitis Atopik

Salah satu penyebab kulit kering dan gatal, terutama pada anak-anak, adalah dermatitis atopik atau eksim.

Selain kulit yang tampak kering, gejala lainnya dapat berupa kemerahan yang terasa gatal pada wajah atau badan.

Dermatitis atopik disebabkan oleh faktor genetik dan biasanya pasien cenderung mudah alergi terhadap bahan wol, sabun tertentu, parfum, kosmetik, dsb.

10 dari 12 halaman

10. Psoriasis

Penyebab kulit kering lainnya, yaitu psoriasis. Kondisi ini tidak menular dan dipicu oleh faktor genetik.

Selain kulit kering, keluhan lainnya berupa bercak merah yang tertutup sisik putih tebal pada lutut, kulit kepala, siku, punggung, serta tungkai bawah.

11 dari 12 halaman

11. Iktiosis

Iktiosis merupakan penyakit keturunan yang ditandai dengan adanya kulit kering menyerupai sisik ikan.

Penyakit kulit kering ini berlangsung seumur hidup, dan umumnya gejala timbul pada masa kanak-kanak.

Beberapa obat atau penyakit tertentu seperti gagal ginjal, kanker, dan infeksi HIV dapat mencetuskan iktiosis.

Itulah berbagai penyebab kulit kering yang harus Anda ketahui. Mulai dari cuaca hingga penggunaan produk yang salah, sama-sama bisa mengakibatkan kondisi kulit yang kering.

Jika kulit kering Anda berlangsung secara terus-menerus meski sudah dioleskan pelembap, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa penyebab kulit kering yang dialami.

Untuk membaca artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar