Sukses

Atasi Nyeri Otot dengan Buah Berwarna Gelap

Tahukah Anda, ternyata ada beberapa buah berwarna gelap yang baik untuk mengatasi nyeri otot, lho. Mari simak selengkapnya di sini.

Nyeri otot sering hadir tanpa diduga. Banyak hal yang dapat menyebabkan keluhan ini, misalnya olahraga atau aktivitas berat. Untuk mengatasinya, biasanya salep pereda nyeri otot dan obat antinyeri jadi solusi. 

Tapi, ternyata buah berwarna gelap dan lebih pekat mampu membantu meringankan nyeri otot, lho. Buah apa saja yang dimaksud? Simak di bawah ini.

 

1 dari 3 halaman

1. Blueberry

Salah satu buah berwarna gelap yang terbukti sangat bermanfaat dalam mengatasi keluhan nyeri otot adalah blueberry

Buah ini mengandung antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari radikal bebas tambahan yang dihasilkan otot selama olahraga.

Lalu, kandungan fitonutrien yang memberi warna gelap pada buah ini juga dinilai mampu melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit. 

2. Ceri 

Warna ceri yang cenderung gelap dan pekat (misalnya pada ceri merah atau ceri hitam) memang menarik misalnya pada kue. Nyatanya, buah ini juga dapat membantu mengatasi nyeri otot.

Ceri mengandung antioksidan tinggi dan antiinflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan pada otot yang sakit. Hal ini pun sudah terbukti dalam beberapa penelitian. 

Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan pada para pelari. Beberapa pelari ada yang diberikan jus ceri dan ada yang diberikan plasebo. 

Hasilnya, pelari yang minum 24 ons (710 ml) jus ceri dalam satu hari mengalami lebih sedikit rasa sakit dibandingkan yang diberi plasebo.

Artikel Lainnya: Mau Diet? Hindari Makan Buah-Buah Tinggi Kalori Ini

2 dari 3 halaman

3. Anggur

Selain ceri, anggur juga merupakan buah berwarna gelap yang memiliki manfaat untuk nyeri otot. Buah ini juga mengandung antioksidan tinggi, seperti resveratrol. 

Resveratrol merupakan salah satu senyawa kuat yang dapat menghalangi enzim yang berkontribusi pada degenerasi jaringan. Senyawa ini sebagian besar ditemukan pada kulit dan biji anggur.

Salah satu penelitian oleh University Medical Center, Chicago, Amerika Serikat, telah membuktikannya. 

Para peneliti menemukan, resveratrol dapat melindungi kerusakan tulang rawan yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Artikel Lainnya: Mengenal Khasiat Biji Buah-buahan untuk Kesehatan

4. Delima

Buah delima telah dikenal sejak dulu mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bahkan, dari akar hingga bijinya mengandung nutrisi dan antioksidan yang berharga.

Kandungan delima yaitu polifenol dan quercetin yang menjadi unggulan. Polifenol dapat mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan otot. 

Sementara, quercetin yang merupakan bioflavonoid alami juga terbukti membantu pemulihan otot dan meningkatkan kinerja olahraga Anda.

Itulah beberapa buah berwarna gelap yang dipercaya dapat membantu meringankan keluhan nyeri otot. 

Bagi Anda yang sering nyeri otot, tidak ada salahnya mengonsumsi buah-buahan di atas untuk bantu mengatasinya.

Namun, khasiat buah berwarna gelap dalam mengatasi keluhan nyeri otot tak akan optimal bila Anda tidak menerapkan gaya hidup sehat. 

Karena itu, tetap konsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga teratur, jauhi rokok dan alkohol, serta cukup istirahat. Bila ingin konsultasi seputar kesehatan lebih cepat ke dokter, pakai LiveChat 24 Jam di Klikdokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar