Sukses

7 Kiat Membangkitkan Selera Makan pada Lansia

Saat memasuki fase lansia, akan terjadi penurunan selera makan yang bisa mengganggu kesehatan. Berikut ini adalah solusinya.

Klikdokter.com, Jakarta Nutrisi yang tepat sangat penting bagi kehidupan manusia berapapun usianya, dari bayi hingga lansia.  Tapi ternyata banyak dari kelompok lanjut usia justru mengalami penurunan selera makan, dan lebih sedikit mengonsumsi makanan karena metabolisme mereka melambat.

Ada beberapa alasan mengapa lansia mengalami penurunan selera makan, seperti penurunan fungsi dari indra penciuman, perasa serta penglihat. Efek samping karena obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari, sembelit atau gangguan kesehatan pada mulut juga dapat menjadi penyebab menurunnya selera makan mereka.

Walaupun normal terjadi pada lansia, tetapi hal tersebut tidak boleh berlangsung terlalu lama. Agar lansia tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, gizi yang mereka perlukan harus tercukupi.

Berikut ini adalah kiat untuk membangkitkan selera makan pada lansia:

  1. Cari penyebab menurunnya selera makan. Pastikan hilangnya selera makan tersebut, bukan karena penyakit tertentu. Jika memang demikian, maka cara mengembalikan selera makan lansia adalah dengan mengatasi penyakit tersebut.
  2. Hindari menerapkan jam makan pada lansia. Berikan kebebasan pada lansia untuk makan di jam berapapun, dan jenis makanan apapun yang diinginkan. Berbeda dengan orang di usia produktif yang memang harus menerapkan jam makan untuk mencegah obesitas.
  3. Gunakan rempah untuk menggugah selera makan. Menurunnya fungsi indra pengecap dan penciuman, perlu dirangsang dengan tambahan rempah yang rasa dan baunya lebih tajam, agar lansia berselera untuk makan.
  4. Sesuaikan porsi makan dengan yang diinginkan. Porsi makan yang terlalu banyak bagi lansia, bisa mengurangi selera makan mereka.
  5. Berikan makanan yang lunak dan mudah hancur. Jika menyajikan daging bagi lansia, potong kecil-kecil dan tipis untuk mempermudah lansia saat mengunyah makanannya. Tidak sedikit lansia yang menurun selera makan disebabkan oleh masalah di dalam mulut, seperti gigi palsu yang tidak nyaman.
  6. Temani mereka makan. Terkadang lansia malas untuk makan karena tidak ada yang menemani di meja makan.
  7. Jika penyebabnya karena efek samping obat, konsultasikan dengan dokter. Minta dokter untuk memberikan terapi lain sebagai pengganti obat, dengan fungsi yang sama namun dengan efek samping berbeda, yang tidak mengganggu selera makannya.

Jika dengan kiat di atas selera makan pada lansia masih turun atau malah hilang, segera periksakan secara langsung ke dokter. Pemeriksaan tersebut berguna untuk mencari kemungkinan adanya penyakit tertentu yang menyebabkan turunnya nafsu makan tersebut.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar