Sukses

Agar Anak Tak Mudah Sakit Saat Cuaca Tak Menentu

Saat cuaca tak menentu, orang tua mulai was-was dengan kondisi kesehatan anak, karena biasanya mudah sakit.

Klikdokter.com, Jakarta Hujan yang turun, dan terkadang disertai badai, membuat beragam penyakit dengan mudah muncul. Pada kondisi cuaca tak menentu seperti saat ini, anak menjadi rawan terkena berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering muncul adalah flu.

Penyebab Flu yang paling sering adalah rhinovirus (30%-80%). Pada saat udara dingin atau saat musim hujan, saluran pernapasan anak Anda juga akan mengalami penurunan suhu, khususnya pada bagian hidung.

Nyatanya, udara dingin merupakan saat yang tepat bagi virus untuk berkembang biak dan membuat anak Anda terkena flu. Meskipun begitu, virus ini tidak akan masuk ke dalam tubuh jika sistem imun pada anak bekerja dengan baik.

Tidak hanya penyakit flu saja yang dapat timbul ketika cuaca sedang tidak menentu di musim pancaroba. Ada penyakit lain seperti dengue, diare dan lain sebagainya yang mengancam. Adanya perubahan cuaca tidak bisa terelakkan, namun Anda dapat melakukan kiat-kiat berikut agar anak Anda tidak mudah sakit:

  1. Diet sehat

Makanan sehat yang mengandung gizi seimbang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak Anda. Hasilnya, ia akan terhindar dari berbagai macam penyakit, terutama yang disebabkan oleh virus.

Jeruk, stroberi, brokoli, tomat dan sayuran berwarna hijau yang kaya akan vitamin B dan C bersifat antibakteri dan antiperadangan. Vitamin C juga berperan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari virus dan bakteri.

  1. Cuci tangan

Aktifnya anak bermain, membuat tangannya paling sering menjadi perantara virus. Segeralah ajak anak Anda mencuci tangan setelah ia selesai bermain, dan saat anak Anda akan mengonsumsi makanan.

  1. Jauhkan anak dari sumber virus

Saat ada anak atau orang yang sedang mengidap suatu penyakit tertentu seperti flu, segera jauhkan anak dari orang atau anak tersebut.

  1. Buka jendela rumah di siang hari

Dengan membuka jendela, Anda akan mengurangi risiko menyebarnya virus di dalam rumah.

  1. Bersihkan barang yang tidak terpakai

Menimbun barang yang tidak terpakai akan membuat nyamuk hidup dengan nyaman di tempat tersebut. Hal ini akan meningkatkan risiko anak Anda terkena demam dengue yang disebabkan oleh nyamuk.

Dengan menjalankan lima kiat di atas, Anda dapat menghindarkan anak dari kemungkinan terjangkit penyakit selama cuaca tak menentu, seperti saat ini. Semoga anak Anda senantiasa sehat, ya!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar