Sukses

Anak ADD dan ADHD, Ini Bedanya

Serupa tapi tak sama, ketahui beda anak ADD dan ADHD di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat Anda mendengar atau membaca istilah ADHD, seringkali istilah ADD muncul serta. ADD (Attention Deficit Disorder) adalah istilah yang digunakan untuk anak dengan diagnosis ADHD  dan identik dengan perilaku sulit memerhatikan. Membedakan keduanya memang tidak mudah, apalagi melalui kacamata awam.

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder adalah gangguan perilaku yang khas dengan gejala sulit memerhatikan, hiperaktif, disertai dengan dorongan impulsivitas yang tinggi. Gangguan tak hanya ditemukan pada anak, namun juga pada orang dewasa.

Terdapat tiga tipe besar gangguan ADHD, yang perlu Anda ketahui:

  • ADHD dominan inatentif

Anak dengan tipe ADHD inatentif lebih banyak menunjukkan gejala yang berhubungan dengan kesulitan memerhatikan dan memfokuskan diri.

Tipe ADHD inilah yang seringkali dimaksud dengan ADD. Beberapa tanda khas ADD atau ADHD inatentif yang sering ditemukan biasanya, pelupa, berantakan dan sulit menyelesaikan pekerjaan.

Anak dengan ADD biasanya tidak hiperaktif. Mereka tidak tampak ‘kelebihan energi’ seperti yang umumnya terlihat pada anak ADHD. Bahkan, anak ADD cenderung terlihat hanyut dalam dunianya sendiri.

  • ADHD yang dominan hiperaktif-impulsif

Anak dengan tipe ADHD ini memiliki sangat banyak energi. Anak dengan gangguan ini seringkali tidak bisa berhenti bergerak. Hal ini tak jarang membahayakan dirinya atau mengganggu orang lain.

Gejala yang khas ditemukan pada anak dengan ADHD tipe ini adalah memotong orang saat berbicara dan kesulitan menunggu giliran. Selain itu, anak sering melakukan gerakan berulang yang mengganggu seperti mengetuk-ngetuk meja, atau melakukan gerakan tiba-tiba di saat yang tidak tepat.

Anak dengan tipe ADHD ini akan terus bergerak dan banyak membuat keputusan yang mendadak, tanpa banyak pertimbangan. Namun, anak ADHD tipe hiperaktif-impulsif biasanya tidak memiliki gangguan dalam memerhatikan. Jika ada, biasanya tidak terlalu menonjol.

  • ADHD tipe kombinasi

Anak dengan ADHD ini menunjukkan semua gejala baik inatentif atau ketidakmampuan memerhatikan, dan hiperaktif.

Dari penjelasan di atas, dapat disederhanakan bahwa ADD merupakan salah satu tipe ADHD, dan bukan hal yang sama. Jika Anda memiliki kecurigaan anak menderita ADHD atau ADD, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis anak atau psikiater anak.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar