Sukses

Kosmetik yang Cocok untuk Pemilik Kulit Berminyak

Bagi Anda, pemilik kulit berminyak, perhatikan beberapa hal ini sebelum membeli kosmetik.

Klikdokter.com, Jakarta Kosmetik menjadi salah satu andalan bagi wanita untuk tampil cantik. Namun tak sedikit wanita, terutama mereka dengan kulit berminyak, mengalami kesulitan dalam memilih kosmetik. Mulai masalah kosmetik mudah luntur hingga kosmetik yang memicu jerawat, tentu bukan hal baru bagi Anda.

Untuk mencegahnya, penting bagi Anda untuk mencari tahu kosmetik apa yang cocok bagi kulit berminyak sebelum membeli produk. Berikut ini adalah kiat-kiat memilih kosmetik yang tepat untuk Anda yang memiliki tipe kulit berminyak:  

  • Perhatikan bahan dasar alas bedak

Memilih foundation atau alas bedak bagi pemilik kulit berminyak memang susah-susah gampang. Kebanyakan alas bedak yang ditujukan untuk kulit berminyak biasanya mudah luntur dan perlu diaplikasikan berulang.

Solusinya, Anda bisa memilih foundation yang berbahan dasar bedak untuk meminimalkan minyak; teksturnya juga tidak terasa berat di wajah. Alas bedak yang berbahan dasar air (water-based) dan bersifat nonkomedogenik juga dapat dipertimbangkan. Karena mereka tidak menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan Anda berjerawat.

  • Gunakan bedak yang tepat

Berdandan rasanya tak lengkap tanpa menggunakan bedak. Bagi pemilik kulit berminyak, bedak juga bisa menjadi cara ampuh untuk mengurangi kilap minyak di wajah Anda.

Jika kulit Anda termasuk tipe kulit berminyak, lebih baik gunakan bedak tabur (loose powder). Jangan gunakan bedak padat (compact powder) untuk mencegah pori-pori tersumbat. Hindari memilih bedak yang mengandung butiran kilap (shimmer) yang akan membuat wajah Anda tampak makin berminyak.

  • Pilih blush on bertekstur matte

Sering merasa blush on Anda cepat pudar di kulit? Anda bisa menggunakan blush on yang bertekstur matte ketimbang shimmer.

Kosmetik cenderung mudah “meleleh” pada kulit yang berminyak. Untuk itu, blush on dengan dasar bedak ketimbang dalam bentuk krim juga dapat menjadi pilihan yang tepat.  

  • Minimalkan penggunaan kosmetik

Kulit yang berminyak rentan berjerawat dan berkomedo. Makin tebal kosmetik Anda, memang dapat menutupi jerawat Anda dengan sempurna. Tapi hati-hati, jerawat Anda bisa bertambah parah karena sumbatan kelenjar minyak oleh kosmetik.

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan meminimalkan penggunaan kosmetik. Misalnya, Anda bisa memilih pelembap “berwarna” atau tinted moisturizer dengan kandungan SPF sehingga tak perlu lagi menggunakan alas bedak di atasnya.

Bagi Anda pemilik kulit berminyak, pemilihan kosmetik yang tepat akan membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Hal yang tak kalah penting adalah jangan lupa untuk membersihkan wajah Anda setelah memakai kosmetik agar tidak timbul jerawat.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar