Sukses

Kiat Menenangkan Anak dengan ADHD

Anak yang terlalu aktif, salah satunya anak dengan ADHD, kerap kali membutuhkan perhatian khusus.

Klikdokter.com, Jakarta ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sering menunjukkan tanda seperti sulit berkonsentrasi, hiperaktif atau tertarik pada satu hal saja. Kasus ini banyak ditemukan pada anak dengan gejala seperti tidak bisa diam, berbicara terlalu antusias, kerap memotong pembicaraan orang lain, hingga mudah buyar konsentrasinya.

Penegakan diagnosis pada anak dengan gejala serupa dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan menyeluruh oleh dokter. Hingga kini belum ada pemeriksaan secara pasti untuk menyatakan seseorang memiliki ADHD.

Pada orang tua yang anaknya terdeteksi ADHD biasanya mengeluhkan soal kelakuan anak. Selain itu juga timbul pertanyaan, bagaimana cara menghadapi kelakuan anak dengan ADHD.

Anak dengan ADHD memang perlu bimbingan ekstra untuk mengetahui apa yang sebenarnya sedang terjadi di sekitarnya. Ia juga perlu mendapatkan penjelasan mengenai hubungan sosialisasi dengan teman sepermainan. Selain itu, perlu juga diinformasikan di awal dengan jelas mengenai kondisi anak, agar teman-temannya mau bergaul dengannya.

Menanggapi kelakukan anak dengan ADHD yang terkadang meledak-ledak, dapat dilakukan latihan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dalam hal ini orang tua memiliki peran yang sangat penting.

Di samping itu, penanganan secara medis pada setiap anak akan berbeda-beda hasilnya. Riwayat perjalanan penyakit anak tersebut juga harus dipertimbangkan.

Selain itu, perlu waktu dan kesabaran ekstra untuk menenangkan anak dengan ADHD. Orang tua sering kali mengkritik mereka atas kelakuannya. Padahal, cara terbaik adalah dengan menekankan kepada anak mana yang baik dan mana yang tidak.

Orang tua juga tidak disarankan memberikan hukuman atas kelakuan buruknya, namun lebih ditekankan dengan menerapkan sistem disiplin. Selain itu, disarankan pula untuk lebih sering memberikan pujian kepada anak dengan ADHD jika ia melakukan sesuatu yang baik.

Jika Anda memiliki anak dengan ADHD, jangan pernah ragu untuk menemui dokter anak secara rutin untuk berkonsultasi mengenai perkembangan anak Anda.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar