Sukses

Anda Ingin Sehat? Menikahlah dengan Orang yang Bahagia!

Menikah bisa menjadi solusi untuk mewujudkan hidup yang sehat dan bahagia. Kuncinya, menikahlah dengan orang yang bahagia.

Klikdokter.com, Jakarta Tak ada yang lebih indah dan membuat bahagia, dibandingkan dengan menikah dan membina rumah tangga dengan orang yang Anda cintai. Apakah pasangan Anda merupakan orang yang Anda sudah kenal lama atau baru saja saling mengenal?

Seperti apakah tipe pasangan Anda? Apakah pasangan Anda tergolong orang yang pendiam, banyak berbicara atau lempeng saja? Apapun sifat pasangan Anda, menikah dengan orang yang bahagia dapat membuat Anda lebih sehat, lho.

Bisa menikah dengan kekasih tercinta saja sudah membuat Anda bahagia, apalagi jika pernikahan itu membuat Anda semakin sehat. Siapa yang tak ingin?

Studi terkini yang dilakukan oleh American Psychological Association pada 1981 pasangan usia paruh baya, menunjukkan bahwa pasangan yang hidup bahagia cenderung memiliki tingkat kesehatan lebih baik. Studi yang menarik ini  dipublikasikan dalam jurnal Health Psychology.

Studi tersebut dilakukan pada pasangan usia 50 – 94 tahun. Partisipan diminta mendeskripsikan secara detail tingkat kebahagiaan, kesehatan dan aktivitas fisik mereka selama 6 tahun terakhir.

Masing-masing pasangan juga diminta menginformasikan status kesehatan pasangannya. Hasilnya? Seseorang yang bahagia cenderung memberikan dukungan moril lebih baik kepada pasangannya. Salah satu contoh dukungan yang diberikan adalah merawat dan memperhatikan pasangan hidupnya.

Selain itu ia juga cenderung mendukung pasangannya untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat, misalnya mengatur pola makan atau lebih rajin berolahraga. Atau ketika pasangannya sedang sedih atau mendapat masalah, ia bersedia memberikan dukungan dan saran positif agar pasangannya kembali bangkit.

Menariknya, studi lain juga mendukung hal yang sama. Pasangan menikah yang bahagia (dibandingkan dengan wanita atau pria lajang), cenderung memiliki harapan hidup lebih lama. Selain itu, angka kejadian serangan jantung ikut menurun, risiko depresi juga berkurang dan ketika menderita penyakit kronis cenderung lebih tegar dan mampu bertahan.

Untuk mewujudkan semua itu, tetap jalinlah komunikasi yang hangat, meski Anda sudah lama menikah dengan pasangan. Terus berikan dukungan Anda kepadanya. Yang terpenting, selalu merasa bahagia! Karena dengan perasaan bahagia, hidup akan terasa lebih ringan, dan Anda bersama pasangan akan menjadi lebih sehat.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar