Sukses

Penyebab Bondan Winarno Maknyus Meninggal Dunia

Pakar kuliner Bondan Winarno ‘maknyus’ meninggal dunia pada usia 67 tahun. Apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Bondan Winarno ‘maknyus’, wartawan senior, penulis, dan pakar kuliner Indonesia, tutup usia pada Rabu (29/11/2017) pagi. Beliau dikabarkan meninggal setelah beberapa waktu belakangan menjalani perawatan di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta.

Berdasarkan cuitan di akun Twitter-nya beberapa waktu lalu, Bondan diketahui mengalami kondisi kelainan pembuluh darah yang disebut aneurisma dan juga masalah katup jantung.

Aneurisma adalah penonjolan pembuluh darah besar di jantung, yaitu aorta. Pembuluh darah tersebut bertugas membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Penonjolan atau peregangan tersebut rentan untuk pecah dan menyebabkan perdarahan hebat. Bila pecah, kondisi ini sangat berbahaya bahkan mematikan. .

Aneurisma sering kali tidak menunjukkan gejala khas tertentu. Beberapa pasien mungkin akan mengeluhkan adanya nyeri perut atau nyeri punggung yang tidak khas. Biasanya aneurisma baru diketahui ketika sudah pecah di mana pasien mengalami nyeri hebat di bagian perut, pusing, pandangan kabur, penurunan tekanan darah secara tiba-tiba, sesak napas, dan gangguan kesadaran.

Selama ini, banyak anggapan bahwa penyakit yang Bondan alami adalah penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh pola makan tinggi kolesterol mengingat profesinya yang membuatnya sering berkeliling Indonesia untuk mencicipi aneka kuliner khas tanah air.

Hal tersebut dibantah oleh lelaki yang dikenal dengan slogan “Maknyus” ini melalui akun Twitter-nya. Ia mengatakan bahwa kondisinya saat ini bukanlah penyakit jantung koroner melainkan penyakit vaskular.

Hingga saat ini, penyebab pasti aneurisma memang belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor risiko yang membuat seseorang rentan mengalami aneurisma. Faktor-faktor tersebut, antara lain jenis kelamin laki-laki, usia lanjut (di atas 65 tahun), memiliki kebiasaan merokok, dan riwayat tekanan darah tinggi sebelumnya.

Selama hidupnya, Bondan Winarno ‘maknyus’ aktif sebagai penulis, wartawan, dan pebisnis sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun di dunia kuliner. Ia menginisiasi berdirinya Jalansutra, sebuah komunitas pecinta wisata kuliner. Selain itu, ia juga bergelut dalam bermacam-macam kegiatan sosial.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar