Sukses

Mengenal Tanda-tanda ADHD pada anak

Anak terlihat hiperaktif, hati-hati, bisa jadi tanda gangguan ADHD.

Klikdokter.com, Jakarta ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder merupakan gangguan perkembangan motorik anak. Gangguan ini ditandai dengan kecenderungan perilaku hiperaktif, impulsif, dan sulit memusatkan perhatian. ADHD seringkali dapat berlangsung hingga dewasa.

Kondisi ADHD sebenarnya dapat dilihat sejak usia bayi dengan ditandai anak sering menjerit atau menangis, sulit tidur, sulit konsumsi ASI, tidak mau digendong, dan sebagainya. Namun gejala ADHD sebagian besar mulai terlihat jelas pada usia anak 6 hingga 12 tahun dan biasanya terlihat bila ada perubahan situasi di sekitar anak, misalnya pada saat anak mulai masuk sekolah.

Gejala ADHD kadang dapat mudah terlihat pada anak laki-laki. Hal ini disebabkan karena anak laki-laki cenderung memiliki perilaku yang hiperaktif, dibandingkan dengan anak perempuan yang cenderung lebih banyak diam dan sulit berkonsentrasi pada satu hal.

Berikut ini tanda-tanda anak Anda menderita ADHD:

  • Perhatian mudah teralihkan atau sulit konsentrasi
  • Tidak tekun saat mengerjakan tugas/ tidak sabaran
  • Mudah merasa bosan
  • Sering tampak gelisah, selalu bergerak aktif
  • Bicara terus menerus atau tidak bisa diam
  • Mengalami gangguan tidur

ADHD yang tidak segera mendapatkan penanganan dapat menimbulkan komplikasi baik dari yang ringan hingga membahayakan. Beberapa yang bisa terjadi misalnya gangguan dalam belajar sehingga mengganggu prestasi akademis, meningkatnya aktivitas tanpa disertai dengan konsentrasi yang cukup sehingga rawan mengalami kecelakaan yang mengakibatkan trauma kepala atau patah tulang, serta meningkatnya kerentanan terhadap konsumsi narkoba atau minuman beralkohol.

Akan tetapi, penting untuk diketahui bahwa tidak semua anak yang hiperaktif atau sulit berkonsentrasi menderita ADHD. Anak dalam keadaaan sehat juga kadang berperilaku sangat aktif, karenanya untuk menegakkan diagnosis ADHD diperlukan kerjasama penanganan dari berbagai pihak, mulai dari pemeriksaan fisik dan psikologis dari dokter anak maupun ke ahli psikiatri.

Karenanya, hadapi dengan tenang dan tak mudah emosi bila ditemukan salah satu tanda ADHD pada anak Anda. Segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar