Kesehatan Umum

5 Bahaya Kesehatan akibat Makan Terlalu Cepat

Gerardus Septian Kalis, 27 Nov 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makan terlalu cepat mengundang dampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

5 Bahaya Kesehatan akibat Makan Terlalu Cepat

Perut yang keroncongan atau godaan makanan enak kerap membuat seseorang makan terlalu cepat. Mengunyah dengan kecepatan tinggi, atau bahkan langsung menelannya begitu saja. Meski terlihat biasa-biasa saja, ternyata makan dengan cara seperti ini bisa mengundang segudang bahaya kesehatan, lho!

Jika Anda memiliki kebiasaan ini, Anda patut waspada. Seperti dikutip dari The Guardian, ada 5 bahaya kesehatan akibat makan terlalu cepat:

1. Tersedak

Makanan yang dikunyah tidak sampai halus dapat meningkatkan risiko tersedak. Jika ini tidak segera diatasi, jalur napas bisa tertutup hingga akhirnya membuat Anda kehilangan napas sama sekali.

2. Sariawan

Mengunyah makanan dengan terburu-buru membuat lidah maupun bibir Anda berisiko ikut tergigit. Bila ini terjadi, sariawan tidak bisa lagi dihindari.

3. Berat badan meningkat

Hormon yang memberi isyarat kenyang membutuhkan waktu 15-20 menit untuk sampai ke otak. Oleh karena itu, makan terlalu cepat bisa membuat Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan. Tahu apa yang akan terjadi selanjutnya? Ya, berat badan melambung!

4. Gangguan pencernaan

Makan terlalu cepat bisa membuat perut begah atau mengalami sensasi terbakar. Kondisi ini dapat muncul karena tubuh belum siap mencerna makanan yang ditelan dengan terburu-buru.

5. Terkena sindrom metabolik       

Peneliti dari Universitas Hiroshima di Jepang menggunakan 642 pria dan 441 wanita sebagai subjek penelitian. Para subjek dibagi menjadi tiga kategori, yaitu mereka yang makan lambat, normal, dan cepat.

Periset menemukan, mereka yang makan terlalu cepat mengalami peningkatan risiko sindrom metabolik sebesar 11,6%. Sindrom ini merupakan cikal bakal penyakit diabetes, jantung, dan stroke.

Setelah mengetahui bahaya di atas, apakah Anda masih berpikiran untuk makan terlalu cepat? Semoga saja tidak!

[NB/ RVS]

makanpencernaanBerat BadanMakan terlalu cepatSindrom Metabolik

Konsultasi Dokter Terkait