Sukses

Ingin Bebas dari Sakit? Cobalah untuk Hidup Bahagia

Langkah awal untuk bebas dari sakit adalah dengan menanamkan pikiran positif, optimis, dan bahagia.

Klikdokter.com, Jakarta Pikiran Anda memiliki peranan penting dalam menunjang kesehatan. Jika selalu berpikiran positif dan bahagia, Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Sebaliknya, Anda bisa jadi jatuh sakit atau mengalami penyakit serius bila selalu berpikiran negatif.

Bahkan menurut penelitian, pasien dengan depresi memiliki angka kejadian sakit jantung yang lebih tinggi. Semakin tinggi derajat depresi, semakin tinggi pula risiko kematian dan menderita penyakit jantung.

Orang yang mengalami kecemasan juga memiliki risiko kematian yang lebih tinggi akibat penyakit jantung. Hal ini khususnya terlihat pada wanita. Mekanisme yang menjelaskan hubungan depresi dan cemas dengan peningkatan kematian dan sakit jantung, masih belum diketahui secara pasti.

Namun, depresi dan cemas diduga menyebabkan peradangan kronik dan gangguan sistem saraf autonomi. Gangguan tersebut dapat memengaruhi sistem imun tubuh. Pasien yang mengalami kecemasan memiliki kadar kortisol diurnal yang lebih tinggi.

Cara hidup bahagia dan bebas penyakit

Lantas bagaimana cara hidup bahagia dan bebas dari penyakit? Tentu, penyakit tidak hanya disebabkan oleh faktor psikologis semata. Misalnya, penyakit jantung tidak hanya disebabkan oleh stres, tetapi juga bisa muncul akibat diabetes melitus, tekanan darah tinggi, kegemukan, dan merokok. Namun, stres merupakan salah satu faktor risiko yang patut mendapatkan perhatian lebih. 

Oleh karena itu, Anda tetap harus memiliki pikiran sehat untuk mencegah berbagai penyakit. Bagaimana caranya?

  • Tidurlah dengan cukup. Jangan sepelekan aktivitas harian ini, karena kurang tidur dapat memengaruhi pikiran dan suasana hati Anda.
  • Berolahraga. Berolahraga bukan hanya memperbaiki keadaan fisik, namun juga membantu menurunkan kadar stres psikis Anda.
  • Belajar teknik relaksasi. Meditasi, relaksasi otot, latihan pernapasan, dan yoga adalah beberapa teknik yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kadar stres.
  • Hargai diri Anda. Jangan terlalu memaksakan kehendak. Nikmati dan belajar bersyukur akan setiap hal kecil dalam hidup Anda. Belajarlah untuk menjadi lebih tenang dan menjalani hidup tanpa tekanan.

Bila ingin bebas dari sakit, buang jauh-jauh pikiran negatif, stres, depresi, dan rasa cemas. Anda perlu mengubah pola pikir menjadi lebih positif dan menjalani hidup dengan bahagia, agar tubuh tetap sehat.

[BA/ RVS]

1 Komentar