Sukses

5 Bahaya Filler Bibir bagi Kesehatan Anda

Filler bibir memang dapat mempercantik penampilan. Tapi ternyata tindakan ini menyimpan segudang bahaya bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Bibir merupakan bagian tubuh wanita yang memberikan daya tarik bagi lawan jenis. Tak heran banyak wanita yang ingin memperindah bagian tubuh tersebut dengan melakukan filler bibir. Anda salah satunya?

Filler bibir atau lip augmentation merupakan prosedur penyuntikan sejumlah cairan ke bibir, dengan maksud menambah volume bibir. Tindakan ini banyak diminati wanita karena tidak memakan biaya besar, namun memberikan hasil yang cukup memuaskan.

Agar filler bibir memberikan hasil yang maksimal, Anda perlu berkunjung ke klinik kecantikan yang memiliki tenaga medis terlatih. Jika tidak, filler bibir bisa mendatangkan sederet dampak buruk berikut ini:

1. Infeksi

Alat atau tempat praktik yang tidak steril, maupun tenaga kesehatan yang tidak kompeten membuat para pelaku filler bibir berisiko tinggi terkena infeksi. Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan tindakan ini, pastikan Anda memilih klinik kecantikan yang tepat.

2. Memar 

Memar, lebam atau kebiruan adalah efek samping yang sangat mungkin terjadi setelah prosedur filler bibir. Kondisi ini biasanya dapat menghilang dengan sendirinya, 7 hari setelah tindakan dilakukan.

3. Hilang rasa atau baal

Akibat penggunaan anestesi topikal di daerah bibir sebelum tindakan, Anda akan mengalami sensasi baal atau hilang rasa secara berkelanjutan. Jika reaksi ini terjadi lebih dari 24 jam, segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda.

4. Reaksi alergi

Reaksi alergi setelah suntikan filler bibir bisa saja terjadi. Kondisi ini berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari ruam merah di daerah suntikan, hingga gatal-gatal di seluruh tubuh. Atau bahkan, ada juga yang mengalami syok anafilaksis.

5. Kerusakan jaringan

Penyuntikan yang salah dapat menghambat aliran darah di daerah bibir. Kondisi ini lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan jaringan (nekrosis), yang membuat tampilan bibir menghitam atau bahkan membusuk. Jika ini terjadi, mau tidak mau bibir harus diamputasi.

Filler bibir memang dapat membuat penampilan Anda semakin cantik dan menggoda. Namun bukan berarti tindakan ini tanpa risiko dan efek samping. Karenanya, pastikan Anda berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk melakukan filler bibir.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar