Sukses

Kiat Hindari Nyeri Saat Berlatih Yoga

Sembarang melakukan pose yoga dapat berujung pada nyeri hingga cedera.

Klikdokter.com, Jakarta Melihat Sophia Latjuba melakukan pose-pose yoga sulit di Instagram mungkin membuat Anda iri atau bertanya-tanya, “Wah, kok bisa, ya, badannya sangat lentur dan fleksibel?”

Memang untuk melakukan berbagai pose yoga memerlukan latihan tersendiri. Salah gerakan, bukannya tubuh sehat yang didapat tetapi malah nyeri, bahkan cedera. Agar latihan yoga Anda menjadi lebih menyenangkan dan bebas nyeri, ikuti beberapa kiat berikut ini.

Modifikasi pose yoga Anda

Setiap gerakan dan pose yoga dapat disesuaikan tergantung dari tingkat pengalaman, kondisi tubuh, dan keterbatasan Anda. Jika Anda tergolong pemula, jangan memaksakan diri mengikuti gerakan yoga seperti yang dilakukan oleh orang yang sudah bertahun-tahun berlatih.

Misalnya, ketika melakukan gerakan downward dog, jika Anda merasakan nyeri pada sepanjang kaki, Anda bisa menekuk kedua lutut.

Gunakan alat bantu

Saat berlatih yoga, Anda dapat menyediakan beberapa alat bantu, seperti balok, tali, handuk, atau selimut. Alat-alat ini dapat membantu Anda untuk menghindari cedera dan melakukan latihan dengan lebih efektif.

Penggunaan balok ditujukan untuk menyeimbangkan gerakan, melenturkan tubuh, serta mencegah nyeri dan cedera pada punggung maupun sendi. Sementara itu, handuk atau selimut dapat menjadi bantalan lutut ketika Anda melakukan latihan yang mengharuskan lutut menyentuh atau bertumpu di lantai.

Latihan dengan postur tubuh yang benar

Melakukan yoga dengan rutin, dengan posisi yang tepat, dapat membantu Anda memperoleh postur tubuh yang baik. Misalnya, saat melakukan gerakan downward dog, plank, low plank, dan cobra, posisikan pergelangan tangan Anda lurus dan sejajar dengan bahu. Panjangkan leher Anda sehingga dagu sejajar dengan lantai.

Anda yogi pemula? Mintalah instruktur yoga Anda untuk memperhatikan apakah pose yang Anda lakukan sudah tepat atau belum. Hal ini bertujuan untuk mencegah cedera di area bahu, leher, dan punggung.

Perhatikan napas Anda

Salah satu kunci penting dalam latihan yoga adalah pernapasan. Dengan melakukan gerakan seiring dengan embusan dan tarikan napas, maka akan membuat Anda lebih tenang. Anda pun dapat mendengar tubuh dengan lebih baik sehingga tahu batas diri dan tidak memaksakan gerakan.

Saat latihan yoga, Anda harus menarik dan mengembuskan napas dalam melalui hidung. Bernapas dengan tenang dan dalam, menjadi salah satu kunci saat berlatih yoga, agar Anda bebas nyeri.

Hal yang terpenting dalam latihan yoga adalah jujur terhadap diri sendiri dan hindari terlalu memforsir tubuh Anda. Jangan lupa juga untuk memperhatikan setiap embusan napas Anda. Ketahui batasan diri dan modifikasi setiap gerakan sesuai postur tubuh Anda untuk menghindari nyeri saat berlatih yoga.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar