Sukses

Baca Ini Sebelum Konsumsi Whey Protein

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari whey protein, ketahui dosis untuk mengonsumsinya.

Klikdokter.com, Jakarta Seperti yang telah Anda ketahui, whey protein memiliki fungsi yang beragam bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi yang paling populer adalah untuk membantu memaksimalkan pertumbuhan massa otot, terutama bagi atlet binaraga dan pecinta olahraga angkat beban.

Studi yang dilakukan oleh International Society of Sports Nutrition mengulas mengenai dosis konsumsi protein yang optimal untuk berbagai kalangan, termasuk atlet dan orang yang rajin berolahraga.

Rekomendasi konsumsi protein harian yang disarankan untuk orang dewasa secara umum adalah 0,8 gram per kilogram berat badan. Jadi, untuk laki-laki dengan berat badan 70kg konsumsi protein harian yang disarankan adalah 56 gram protein.

Berbeda dengan dosis normal tersebut, kebutuhan protein pada atlet dan orang yang rajin berolahraga tentunya lebih besar. Dengan dosis yang tepat serta pemakaian yang sesuai, manfaat whey protein dapat Anda peroleh dengan baik.

Bagi atlit dan individu yang berolahraga seperti mengangkat beban, rekomendasi konsumsi protein yang disarankan adalah sekitar 1,0 g/kg hingga 1,6 g/kg berat badan per hari.

Meskipun demikian, rekomendasi protein ini juga harus disesuaikan dengan jenis olahraga dan intensitasnya. Semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan, maka konsumsi protein yang diperlukan menjadi lebih besar.

Olahraga yang membutuhkan energi besar seperti strength training  dan power exercise akan membutuhkan 1.6 – 2.0 g/kg per hari.  Contohnya, pada laki-laki dengan berat badan 70 kg yang melakukan strength training, maka membutuhkan sekitar 112 – 140 gram protein per harinya.

Kini Anda tahu bahwa dosis konsumsi protein  yang tepat perlu memperhatikan jenis olahraga serta intensitasnya. Semakin tinggi intensitas dan jenis olahraga yang dilakukan, maka konsumsi protein yang diperlukan tubuh akan lebih tinggi .

Dengan dosis whey protein yang tepat, maka proses stimulasi pertumbuhan otot dan perbaikan kerusakan jaringan dapat berjalan dengan maksimal. Tak hanya itu, massa otot pun akan lebih besar dan performa Anda dapat meningkat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar