Sukses

Kenali Efek Samping Kelebihan Vitamin D

Vitamin D memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jangan salah, kelebihan vitamin D justru bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Anda tentu tahu bahwa vitamin D memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menjaga kesehatan tulang. Khasiat vitamin D untuk tulang, di antaranya dapat mengobati osteoporosis, nyeri tulang, dan pengeroposan tulang.

Vitamin ini diperlukan untuk membangun dan memelihara tulang yang sehat, karena kalsium merupakan komponen utama tulang yang hanya dapat diserap oleh tubuh Anda ketika vitamin D hadir. 

Sama halnya dengan manfaatnya yang beragam, efek samping dari kelebihan vitamin D pun tak sedikit. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui dosis vitamin D harian agar kebutuhan vitamin ini tercukupi dan tidak berlebih di dalam tubuh.  

1 dari 3 halaman

Kebutuhan Vitamin D per Hari

Sumber vitamin D bisa didapat dari matahari ataupun sumber makanan. Paparan sinar matahari memungkinkan tubuh Anda untuk memproduksi vitamin D, lalu mengubah bahan kimia di kulit Anda menjadi bentuk aktif vitamin (calciferol).

Sementara itu, meski hanya sedikit makanan yang mengandung vitamin D, sumber vitamin ini bisa diperoleh dari susu yang diperkaya, sereal, dan ikan berlemak seperti salmon, makerel, dan sarden.

Artikel Lainnya: Ketahui Kebutuhan Vitamin D Berdasarkan Usia Anda

Sebelum mengetahui dosis vitamin D per hari, Anda perlu memahami bahwa jumlah vitamin D yang dihasilkan kulit Anda tergantung dari banyak faktor, seperti:

  • Waktu
  • Musim
  • Garis lintang wilayah
  • Pigmentasi kulit
  • Lokasi tempat tinggal
  • Gaya hidup

Kebutuhan vitamin D tiap orang tentu berbeda. Berikut dosis vitamin D harian yang dianjurkan sesuai usia:

  • Anak-anak hingga usia 12 bulan 400 unit (IU)
  • Usia 1 hingga 70 tahun 600 IU
  • Usia di atas 70 tahun 800 IU

Perhatikan juga bahwa banyak lansia tidak mendapatkan paparan sinar matahari secara teratur, bahkan kesulitan untuk menyerap vitamin D. Karena itu, suplemen pendamping dengan kandungan vitamin D yang cukup bisa digunakan untuk menjaga kesehatan tulang lansia.

2 dari 3 halaman

Dampak Kelebihan Vitamin D

Bila dikonsumsi secara berlebihan, vitamin D justru dapat mendatangkan bahaya. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi pada tubuh akibat kelebihan vitamin D:

  1. Hiperkalsemia

Kelebihan vitamin D akan mendorong tubuh untuk menyerap setiap unsur kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini bisa berbahaya karena pencernaan akan fokus menyerap kalsium sehingga memicu terjadinya penumpukan kalsium dalam darah (hiperkalsemia). 

Artikel Lainnya: Ini Pentingnya Penuhi Kebutuhan Vitamin D Setiap Hari

Gejala hiperkalsemia, atau tingginya kadar kalsium darah tinggi, meliputi:

  • Gangguan pencernaan, seperti muntah, mual, dan kram perut
  • Kelelahan, pusing, dan kebingungan
  • Haus yang berlebihan
  • Sering buang air kecil
  1. Konstipasi dan Diare

Sakit perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, hal ini juga bisa terjadi sebagai dampak dari kelebihan kadar vitamin D di dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang anak berusia 18 bulan yang diberi 50.000 IU vitamin D3 selama tiga bulan mengalami sakit perut dan gejala lainnya. Gejala ini terselesaikan setelah anak berhenti mengonsumsi suplemen.

  1. Mual, Muntah, dan Penurunan Nafsu Makan

Banyak efek samping dari terlalu banyak vitamin D berhubungan dengan kalsium yang berlebihan dalam darah. Ini termasuk mual, muntah, dan nafsu makan yang buruk.

Sebuah penelitian dilakukan pada 10 orang yang telah mengembangkan kadar kalsium berlebihan. Setelah mereka mengonsumsi vitamin D dosis tinggi, empat dari partisipan tersebut mengalami mual dan muntah, dan tiga dari mereka kehilangan nafsu makan.

Artikel Lainnya: Waspada! Ini Tipe Orang yang Rentan Kekurangan Vitamin D

  1. Menurunkan Kesehatan Tulang

Vitamin D mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang sehingga baik untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, kelebihan vitamin D justru sebaliknya.

Beberapa penelitian mengungkapkan, dosis vitamin D yang berlebih bisa menurunkan kadar vitamin K2 dalam darah. Salah satu fungsi vitamin K2 adalah menjaga kalsium di tulang. Jadi, untuk terlindung dari pengeroposan tulang, hindari mengonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan.

  1. Gagal Ginjal

Kelebihan vitamin D bisa menyebabkan gagal ginjal. Jika terlalu banyak kalsium dalam tubuh, endapan batu kalsium akan terbentuk di dalam ginjal. Alhasil, ginjal bekerja dua kali lebih keras untuk menyingkirkannya ke dalam urine.

Sebagian besar penelitian juga menyatakan bahwa toksisitas vitamin D akan menyebabkan risiko gagal ginjal yang lebih tinggi. 

Pada dasarnya, vitamin D baik untuk kesehatan Anda. Namun, bila dikonsumsi berlebihan, vitamin ini bisa jadi bumerang bagi tubuh. Jadi, pastikan untuk menghindari dosis vitamin D yang berlebihan, yaitu tidak lebih dari 4.000 IU per hari. 

Jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin D dan mengalami salah satu gejala yang tercantum seperti di atas, segera konsultasikan dengan dokter guna mengetahui kondisi tubuh Anda. Manfaatkan layanan LiveChat 24 jam di KlikDokter untuk konsultasi yang lebih praktis.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar