Sukses

Kenali Efek Samping akibat Kelebihan Vitamin D

Meski bermanfaat untuk kesehatan tulang, kelebihan vitamin D ternyata berefek negatif terhadap tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu tahu bahwa vitamin D memiliki banyak manfaat. Salah satu khasiat vitamin D yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin D dapat mengobati osteoporosis, nyeri tulang, dan pengeroposan tulang.

Namun bila dikonsumsi secara berlebihan, vitamin D justru dapat mendatangkan bahaya. Berikut ini beberapa efek samping yang terjadi pada tubuh bila mengonsumsi vitamin D terlalu banyak:

  1. Terganggunya sistem pencernaan

Mengonsumsi vitamin D terlalu banyak akan mendorong tubuh untuk menyerap setiap unsur kalsium dari makanan yang Anda konsumsi. Hal ini bisa berbahaya, karena pencernaan akan fokus menyerap kalsium. Mual dan kram perut adalah salah satu efek samping yang paling umum terjadi bila terlalu banyak mengonsumsi vitamin D.

  1. Konstipasi dan diare

Sakit perut, sembelit, dan diare adalah keluhan pencernaan umum yang sering dikaitkan dengan intoleransi makanan atau sindrom iritasi usus besar. Namun, hal ini juga bisa menjadi pertanda tingginya kadar vitamin D di dalam tubuh.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seorang anak berusia 18 bulan yang diberi 50.000 IU vitamin D3 selama tiga bulan, mengalami sakit perut dan gejala lainnya. Gejala ini terselesaikan setelah anak berhenti mengonsumsi suplemen.

  1. Menurunkan kesehatan tulang

Vitamin D mempunyai peran penting dalam penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Hal tersebut bermanfaat untuk menjaga kekuatan tulang. Namun, terlalu banyak vitamin D juga bisa merugikan kesehatan tulang.

Beberapa penelitian mengungkapkan, dosis vitamin D yang berlebih bisa menurunkan kadar vitamin K2 dalam darah. Salah satu fungsi vitamin K2 adalah menjaga kalsium di tulang. Untuk terlindung dari pengeroposan tulang, hindari mengonsumsi suplemen vitamin D secara berlebihan.

  1. Gagal ginjal

Terlalu banyak kalsium juga bisa menyebabkan batu kalsium terbentuk di dalam ginjal. Alhasil, ginjal bekerja dua kali lebih keras untuk menyingkirkannya. Sebagian besar penelitian juga menyatakan bahwa toksisitas vitamin D menyebabkan gagal ginjal. Toksisitas adalah kemampuan suatu zat atau bahan yang mengakibatkan ketidaknyamanan atau kesakitan.

Pada dasarnya, vitamin D baik untuk kesehatan Anda. Namun bila dikonsumsi berlebihan, vitamin D bisa berdampak negatif terhadap tubuh. Oleh karena itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, bila ingin mengonsumsi vitamin D. Dokter akan menyarankan dosis dan aturan konsumsi yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar