Sukses

7 Penyebab Kulit Ketiak Berwarna Hitam

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit ketiak Anda tampak hitam. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Kulit ketiak yang hitam sebenarnya wajar, tapi tetap saja bikin tak percaya diri. Apalagi jika Anda ingin tampil dengan mengenakan baju tanpa lengan.

Sebenarnya, ada banyak penyebab kulit ketiak tampak hitam. Sebagian karena hal-hal yang biasa Anda lakukan, sedangkan sebagian yang lain adalah karena faktor kesehatan.

Lalu apa saja penyebab kulit ketiak menghitam?

1. Mencukur

Mencukur bulu ketiak ternyata bisa menyebabkan kulit ketiak Anda menghitam. Warna hitam ini disebabkan oleh folikel rambut yang berada tepat di bawah permukaan kulit.

Selain itu, mencukur terlalu banyak juga dapat mengakibatkan pengerasan kulit yang pada akhirnya membuat kulit ketiak menghitam. Anda bisa mencoba waxing untuk menyingkirkan bulu sampai akarnya sehingga warna hitam tidak terlihat.

2. Deodoran dan antiperspirant

Deodoran dan antiperspirant mampu melindungi tubuh dari bau tak sedap. Namun, keduanya juga mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping bagi kulit, termasuk dapat menghitamkan kulit.  

Namun, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti  memiliki pendapat berbeda. Menurutnya, bukan deodoran yang menjadi penyebab utama ketiak tampak berwarna hitam. Bekas deodoran yang tidak bersih lah yang justru bisa memicu perubahan warna pada ketiak.

3. Akumulasi sel kulit mati

Sel-sel kulit yang mati dapat terbentuk di sekujur tubuh dan terakumulasi di permukaan kulit. Tak terkecuali untuk kulit ketiak. Karena itu, akumulasi sel kulit mati di sekitar ketiak bisa menjadi alasan dari munculnya warna hitam tersebut.

4. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah titik-titik gelap yang muncul pada kulit akibat adanya kelebihan melanin. Kondisi ini umum terjadi pada kulit dan sering tidak berbahaya.

 

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah istilah medis untuk kulit kusam dan menebal yang umumnya berkembang di ketiak, sekitar selangkangan, dan leher. Kondisi medis ini biasanya merupakan pertanda obesitas, diabetes, atau kadar hormon abnormal.

6. Infeksi bakteri

Ketiak adalah rumah yang sempurna bagi bakteri, salah satunya adalah bakteri Corynebacterium minutissimum. Keringat berlebihan bisa menjadi penyebab bakteri terjebak dalam kulit ketiak. Selain menyebabkan ketiak hitam, bakteri tersebut juga dapat mencetuskan infeksi kronis pada lapisan kulit yang lebih dalam (eritrasma).

7. Melasma

Melasma adalah masalah kulit yang umum terjadi, dan cenderung menyerang wanita dibandingkan pria. Salah satu tandanya berupa bercak gelap pada kulit. Beberapa penyebab dari kondisi ini adalah karena terlalu sering terkena sinar matahari, perubahan hormon pada masa kehamilan, dan sebagainya.

Itulah beberapa penyebab kulit ketiak Anda terlihat hitam. Jika Anda merasa bahwa warna gelap ketiak Anda disebabkan oleh salah satu faktor kesehatan di atas segera temui ahli dermatologi dan ikuti pengobatan yang diberikan. Namun yang terpenting, pastikan tubuh Anda selalu bersih, dan mandi setidaknya satu kali dalam sehari.

[RS/ RVS]

2 Komentar